Breaking News:

Pasangan Bakal Calon Lisa-Sapta Bangun Percayakan Urusan Berkas Pendaftaran Lewat LO

Verifikasi berkas calon dihadiri tim parpol pengusung Lisa-Sapta bersama Liaison Officer (LO) dan Badan Pengawas Pemilu Kota Binjai.

TRIBUN MEDAN/DEDY KURNIAWAN
TIM Lisa-Sapta rapat pleno penetapan hasil verifikasi syarat calon di KPU Binjai, Rabu (16/9/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, BINJAI - Tim Bakal Pasangan Calon Lisa Andriani Lubis-Sapta Bangun memenuhi jadwal verifikasi berkas calon ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai.

Verifikasi berkas calon dihadiri tim parpol pengusung Lisa-Sapta bersama Liaison Officer (LO) dan Badan Pengawas Pemilu Kota Binjai, Rabu (16/9/2020).

Proses tahapan verifikasi calon berlangsung mengikuti penerapan protokol kesehatan di massa pandemik Covid-19.

Kemudian KPU menyampaikan hasil verifikasi berkas-berkas dokumen yang sebelumnya sudah diserahkan.

Diketahui berkas syarat calon Lisa-Sapta masih belum memenuhi syarat ketentuan dan perlu diperbaiki.

SWAB TERBARU Balon Wali Kota Lisa Lubis Negatif Covid-19, Siap Bertarung di Pilkada Binjai

Berkas yang dimaksud yakni salinan BB1KWK halaman 3 dan asli tidak sesuai, naskah tidak menyampaikan program pasangan calon, NPWP tidak sesuai dengan aslinya.

Menyikapi syarat calon ini, Sapta Bangun yang diwawancarai usai verifikasi menyampaikan nada optimistis tahapan ini akan berjalan lancar dan diselesaikan. Katanya, berkas yang belum memenuhi syarat dipercayakan kepada Liaison Officer.

"Hasil rapat pleno syarat calon sudah disampaikan tadi. Nanti untuk berkas-berkas syarat calon kami sudah percayakan kepada tim LO," kata Sapta Bangun.

Liaison Officer atau tim penghubung antar lembaga Lisa-Sapta, Irvan Satria mengatakan tidak ada berkas yang sulit untuk diperbaiki dan dilengkapi. Selama pendaftaran syarat calon hanya sedikit kendala teknis, dan masih ada waktu perbaikan hingga 18 September 2020.

Resmi Dipercaya NasDem, Lisa Lubis Perwakilan Kaum Emak di Pilkada Binjai

Ketua Bawaslu Binjai, Arie Nurwanto diwawancarai terkait tahapan syarat calon yang ditanggungjawabi Divisi Teknis KPU Binjai, Risno mengatakan seluruh berkas pasangan calon perlu diversifikasi dengan koordinasi langsung ke lembaga terkait yang mengeluarkan berkas syarat calon. Katanya Bawaslu Kota Binjai tidak dalam kapasitas menilai meragukan keabsahannya.

"Bawaslu sudah menyampaikan surat kepada KPU Kota Binjai untuk melakukan verifikasi faktual dan tanggapan atas seluruh dokumen berkas syarat calon, itu adalah bagian dari tugas pengawasan Bawaslu Kota Binjai sebagai pencegahan dan mendeteksi potensi adanya pelanggaran dan sengketa nantinya terkaitan di tahapan pencalonan ini," jelasnya. (dyk/tri bun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved