Breaking News:

STIP-AP Gelar Lokakarya Dosen Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021 secara Daring

Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP) menggelar Lokakarya Dosen Semester ganjil Tahun Ajaran 2020/2021

DOK Humas STIP-AP
Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP) menggelar Lokakarya Dosen Semester ganjil Tahun Ajaran 2020/2021 secara daring untuk mencegah penyebaran Covid-19 sekaligus adaptasi terhadap kondisi New Normal saat ini, Jumat (11/9/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIP-AP) menggelar Lokakarya Dosen Semester ganjil Tahun Ajaran 2020/2021 secara daring untuk mencegah penyebaran Covid-19 sekaligus adaptasi terhadap kondisi New Normal saat ini.

Lokakarya dosen STIP-AP dilaksanakan pada, Jumat (11/9/2020), dan dihadiri sekitar 74 dosen yang mengajar pada kedua program studi STIP-AP yakni program studi Budidaya Perkebunan dan Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan.

Ketua STIP-AP, Bapak Aries Sukariawan, S.P., M.P dalam pembukaan lokakarya dosen pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 mengungkapkan, bila lokakarya ini digelar untuk melakukan standarisasi dari proses pembelajaran dan pengajaran di STIP-AP selama masa pandemi Coronavirus (COVID-19).

Lokakarya Dosen STIP-AP secara Daring
Lokakarya Dosen STIP-AP secara Daring (DOK Humas STIP-AP)

Dalam kesempatan ini Beliau juga menyampaikan sesuai arahan pembina yayasan bahwa saat ini STIP-AP masih dalam progress dan pengajuan program studi baru dalam rangka untuk akselerasi atau percepatan perubahan STIP-AP menjadi Institut Kelapa Sawit Indonesia, dan berharap tahun 2021 mimpi tersebut bisa tewujud.

Selain itu Ketua STIP-AP juga mengapresiasi kepada dosen tetap STIP-AP yang kembali memperoleh sertifikasi dosen, tahun ini ada sekitar 10 orang dosen tetap STIP-AP yang memperoleh sertifikasi “ini merupakan penghargaan ataupun pengakuan dari LLDIKTI terhadap keberadaan Bapak/Ibu dosen yang mengabdi di STIP-AP dan saya mendukung dan berharap agar dosen lain juga bisa segera menyusul untuk memperoleh sertifikasi dosen”, ungkap Ketua STIP-AP.

Wakil Ketua I Bidang Akademik, Bapak Zulham Effendi, S.T., M.Sc. Eng dalam sambutannya mengatakan bahwa proses akademik pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 STIP-AP telah melakukan proses perubahan kurikulum berbasis KKNI sejak semester genap yang lalu. Dalam kurikulum berbasis KKNI ini mahasiswa nantinya akan mengacu kepada sertifikasi kompetensi yang telah ditetapkan oleh salah satunya dari BNSP, vokasi dan lainnya sehingga nantinya penguatan-penguatan sesuai dengan bidang tugas baik sebagai asisten kebun dan pabrik akan optimal.

Sosialisasi Penggunaan SIAKAD Dosen
Sosialisasi Penggunaan SIAKAD Dosen (DOK Humas STIP-AP)

Dalam kesempatan yang sama kepala prodi budidaya perkebunan Bapak Eka Bobby Febrianto, S.P., M.Si menyampaikan sosialisasi terkait cara penggunaan Sistem Informasi Akademik (SIA) STIP-AP kepada bapak/ibu dosen.

Adapaun tujuan penggunaan sistem SIAKAD STIP-AP nantinya dapat mempermudah bapak/ibu dosen dalam menyampaikan materi perkulihaan dalam proses mengajar yang diadakan secara daring.

Selain itu melalui SIAKAD ini para dosen juga dapat melampirkan RPS (Rencana Pembelajaran semester) mata kuliah, tugas perkuliahaan, materi perkuliahaan, jadwal perkuliahaan atau informasi lainnya kepada mahasiswa.

Dilanjutkan oleh materi berikutnya tentang Sosialisasi Pengimputan Nilai melalui sistem SIAKAD STIP-AP yang oleh Ibu Sri Murti Tarigan, S.P., M.P selaku Kepala BAAK.

Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan ada perbedaan pada komposisi nilai yang terbaru saat ini dengan yang lama, pada semester ganjil tahun akademik 2020/2021 ini STIP-AP menerapkan komposisi nilai yang baru dimana terdiri dari Ujian Tengah Semester (UTS) 40 % (ujian multiple choice/CBT), tugas UTS 10%, Ujian Akhir Semester (UAS) 40 % (ujian multiple choice/CBT), dan tugas UAS 10 %.

Kemudian diakhir materi beliau juga menjelaskan terkait adanya aturan penilaian dalam proses pengiputan nilai dalam sistem SIAKAD.

Selanjutnya diakhir acara lokakarya dosen, kepala prodi Budidaya Perkebunan dan Kepala Prodi Teknologi Pengolahan Perkebunan membacakan dan membagikan alokasi dosen semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 kepada bapak/ibu dosen STIP-AP.

Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved