Breaking News:

TRAVEL: Air Terjun Tonduhan, Pesona Alam Nan Indah di Kabupaten Simalungun

Bagi pengunjung yang ingin melihat air terjun lebih dekat, pihak pengelola telah menyediakan tangga dari parkiran menuju dasar air terjun.

TRIBUN MEDAN/ANIL
WISATA Air Terjun Tonduhan yang berada di Desa Buntu Bayu, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. 

TRI BUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN - Tepat berada di areal perkebunan kelapa sawit, siapa sangka terdapat pesona alam yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi yaitu Air Terjun Tonduhan.

Air Terjun Tonduhan adalah air terjun yang berada di Desa Buntu Bayu, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Berjarak sekitar 33 kilometer dari Kota Pematang Siantar, tentu pengunjung tidak begitu sulit menemukan air terjun ini, karena di pinggir jalan utama telah terdapat papan penanda air terjun.

Tampak Air Terjun Tonduhan ini terlihat mirip dengan Air Terjun Sipiso-Piso yang ada di Tanah Karo, karena, saat pengunjung tiba diparkiran, akan terlihat langsung air terjun.

"Sekilas terlihat memang seperti Air Terjun Sipiso-piso. Air terjun dengan debit air yang deras yang menungkik tajam ke bawah ini pun mirip dengan Sipiso-piso. Apalagi ketika tiba diparkiran langsung terlihat air terjunnya," ujar Andre, seorang pengunjung asal Kota Medan, Rabu (16/9/2020).

TRAVEL: Air Terjun Binanga Bolon, Tersembunyi di Dalam Hutan Belantara Kabupaten Simalungun

Sambung Andre, bagi pengunjung yang ingin melihat air terjun lebih dekat, pihak pengelola telah menyediakan tangga dari parkiran menuju dasar air terjun.

"Tersedia anak tangga untuk turun ke bawah. Jadi kita bisa lebih dekat dengan air terjunnya. Sama dengan Sipiso-piso juga. Cuma berbeda dengan air terjun lainnya, yang harus melewati jalan yang terjal dan semak hutan," ucap Andre.

Pemandangan dari dasar air terjun ini cukup indah dan menyegarkan. Aliran air terjunnya yang deras nampak terbagi dua karena terdapat salahsatu batu yang cukup besar menonjol pada puncak Air Terjun Tonduhan.

Maka tak heran setiap orang yang datang kesini menyangka Air Terjun Tonduhan terlihat seperti air terjun kembar. Percikan air yang jatuh menghasilkan kabut air di sekitar air terjun.

Sedangkan di bawah jatuhan air terjun ini terdapat sebuah kolam yang cukup besar.

TRAVEL: Air Terjun Efrata, Setiap Pengunjung Terpesona Saat Melihat dari Kejauhan

Halaman
12
Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved