Breaking News:

Festival Museum Sumut 2020

Renovasi Museum Sumut Tahap Pertama Dimulai Minggu Ini, Rencanakan Bangun Kafe dan Tempat Suvernir

Renovasi Museum akan dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama dalam minggu ini dan tahap kedua pada tahun 2021.

Tri bun-Medan.com, Medan - Berdiri sejak tahun 1982, Museum Negeri Sumatera Utara akan memulai renovasi peningkatan kapasitas Museum.

Hal ini disampaikan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara, Ria Telaumbanua dalam pembukaan Festival Museum Sumut 2020, Kamis (17/8/2020).

Ria mengungkapkan, renovasi Museum akan dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama dalam minggu ini dan tahap kedua pada tahun 2021.

Renovasi ini dilakukan menurut Ria lantaran kapasitas untuk tempat koleksi buku yang sudah tidak memadai hingga sebagian harus diletakkan di dalam gudang.

"Kita mempunyai 6000-7000 koleksi sampai tidak tertampung karena tempatnya yang tidak memadai. Kita mempunyai koleksi yang begitu hebatnya di Sumut dan kita letakkan di gudang belakang karena tidak tertampung," kata Ria.

Festival Museum Sumut 2020 Terapkan Protokol Kesehatan, Batasi Stand Museum dan Pantau Pengunjung

"Akhirnya kita lakukan renovasi secara bertahap yang tahap pertama pada Minggu ini dan tahap kedua pada tahun 2021. Kita harapkan dapat terlaksana dengan baik," lanjut Ria.

Renovasi akan dilakukan secara maksimal. Hal ini dijelaskan Ria setelah melakukan konsultasi dengan perancang selama beberapa bulan.

"Untuk modelnya sudah kita rancang bersama ahlinya. Tentunya sudah banyak diskusi dengan perancang dalam beberapa bulan belakangan ini. Di dalamnya kita baguskan lagi seperti di TV -TV lah, kalau sekarang kan seperti tertumpuk-tumpuk karena tempatnya kecil. Kalau nanti, jadi nanti satu barang tempatnya sudah tertata cantik," ujarnya.

Bagi Ria, renovasi ini akan mengubah konsep Museum pada umumnya yang cenderung kuno dan monoton. Nantinya, ia sudah merancang jika di Museum Negeri Sumatera Utara akan ada kafe dan tempat suvernir.

"Museum Negeri Sumatera Utara yang sudah renovasi akan ada tempat untuk berkumpul yang bisa dilakukan diskusi. Selain itu nanti juga ada tempat souvernir, dan ada kafe di museum. Jadi cocok untuk bawa keluarga. Museum ini kan banyak ilmu pengetahuan seperti sejarah, budaya, atau masa lalu. Kadang orang-orang seram atau malas. Jadi dengan adanya renovasi ini, mau ubah mindset mengenai Museum menjadi sesuatu yang menyenangkan," ucap Ria.

Pelototi Belahan Dadanya, Mahasiswi Sastra Ini Dilarang Masuk Museum, Akhirnya Museum Minta Maaf

Rencana ini turut mendapat sambutan antusias dari para warga, yang datang berkunjung ke Festival Museum.

Diantaranya ada Andira Syahputri.

Andira sendiri suka mengunjungi Museum. Ia berharap ke depannya citra Museum nantinya dapat mengajak masyarakat untuk datang menikmati koleksi yang ditampilkan.

"Senanglah pastinya kalau ada inovasi dari Museum. Kadang kan orang datang ini nggak banyak karena monoton aja, padahal banyak yang bisa dinikmati. Ya, semoga adanya renovasi ini apalagi katanya bakal ada kafe dan ruang diskusi bisa mengajak warga apalagi anak muda mau berwisata ke museum," pungkas Andira.(cr13/tri bun-medan.com)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved