Breaking News:

Penjelasan Dokter Mengapa Kosmetik Bermerkuri Bisa Bikin Kulit Putih Cepat

Tidak sedikit produsen menambahkan bahan berbahaya senyawa merkuri di dalam produk kosmetik krim pemutih wajah.

pexel
Ilustrasi 

TRIBUN-MEDAN.com - Tidak sedikit produsen menambahkan bahan berbahaya senyawa merkuri di dalam produk kosmetik krim pemutih wajah.

Animo sebagian masyarakat selaku konsumen juga masih meningkat terhadap produk kosmetik yang menawarkan khasiat memutihkan kulit secara cepat atau instan.

Lantas, kenapa merkuri bisa membuat kulit menjadi putih?

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr Listya Paramita SpKK menuturkan, memang benar bahwa senyawa berbahaya merkuri yang diaplikasikan dalam produk kosmetik bisa membuat kulit kita menjadi cepat berwarna putih daripada warna kulit kita secara alami sebelumnya.

"Memang iya, sebenarnya, merkuri itu bisa memberikan efek pemutih. Akan tetapi, tidak aman," kata Listya dalam diskusi daring bertajuk Stop Kosmetik Bermerkuri, Petaka Dibalik Putih dalam Sekejap, Rabu (6/9/2020).

Oleh sebab itu, produk berbahan merkuri ini sudah dilarang untuk dipergunakan dalam produk kosmetik apapun.

Mekanisme efek putih instan pada kulit dari senyawa merkuri itu terjadi karena efek dari beberapa senyawa yang terkandung di dalamnya, seperti berikut.

1. Senyawa Merkuri klorida

Senyawa Merkuri klorida ini akan melepaskan asam klorida, yang menyebabkan pengelupasan pada lapisan epidermis kulit.

"Nah, ini yang awal-awal akan membuat kulitnya (konsumen) terasa panas, kulitnya terbakar, mengelupas, ini efek dari senyawa ini, jadi makin lama makin tipis kulitnya," jelasnya.

Halaman
12
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved