Breaking News:

Tidak Ada Kampanye Terbuka di Lapangan, Peran Media Digital Berpeluang Besar jadi Sarana

KPU melarang bentuk kegiatan kampanye dengan cara mengumpulkan masa secara besar seperti kampanye di lapangan terbuka, konser, dan pentas seni.

TRIBUN MEDAN / Dedy Kurniawan
Komisioner KPU Binjai Divisi SDM dan Parmas, Robby Effendi 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Komisi Pemilihan Umum Kota Binjai telah mengumumkan PKPU 13 Tahun 2020 menyikapi Pilkada di masa pandemi Covid-19.

KPU melarang bentuk kegiatan kampanye dengan cara mengumpulkan masa secara besar seperti kampanye di lapangan terbuka, konser, dan pentas seni.

"Sesuai aturan terbaru sudah tidak boleh kampanye akbar di lapangan dengan massa lebih seratus orang, konser seni, pentas seni atau sebagainya. Ini diatur dalam PKPU terbaru," kata Komisi KPU Divisi SDM Parmas, Robby Effendi, Minggu (27/9/2020).

"Jadi pada Pilkada tahun 2020 akan ada peran besar media sosial dan media daring sebagai sarana kampanye," jelas Robby Effendi.

KPU Binjai juga melarang pemasangan APK di tempat ibadah termasuk halamannya, rumah sakit, gedung milik pemerintah dan lembaga pendidikan. Dijelaskan rincian tentang fasilitasi kampanye yang diatur dalam peraturan Nomor 4 Tahun 2017, 6/2020 dan 10/2020.

Robby memaparkan, KPU Binjai memfasilitasi bahan kampanye (BK) berupa poster, pamplet, brosur dan selebaran sebanyak 40 ribu lembar untuk masing-masing Paslon. Jumlah ini dapat bertambah dan ada kesepakatan bersama.

"Paslon juga dapat mencetak bahan kampanye seperti kaus, topi, cangkir, kalender, kartu nama, pin, pulpen, payung dan stiker (ukuran paling besar 10x5 centimeter). Paslon juga boleh mencetak bahan kampanye berupa masker, sarung tangan, pelindung wajah dan cairan antiseptik atau handsanitizer," jelasnya.

Khusus untuk bahan kampanye berbentuk stiker, dilarang ditempelkan di tempat ibadah termasuk halamannya, rumah sakit atau pelayanan kesehatan, gedung atau fasilitas milik pemerintah, jalan protokol, lembaga pendidikan, jalan bebas hambatan, sarpras publik dan taman atau pohon.

Untuk alat peraga kampanye, KPU Binjai memfasilitas baliho sebanyak 5 buah dengan ukuran 3x5 meter, umbul-umbul sebanyak 20 buah di tiap kecamatan dengan ukuran 0,5x4 meter dan spanduk sebanyak 2 buah di tiap kelurahan dengan ukuran 1x6 meter.

(Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved