Konsulat Jenderal India di Medan Rayakan HUT Ke-150 Mahatma Gandhi

Konsulat Jenderal India di Medan menyelenggarakan perayaan ulang tahun ke-150 tahun Mahatma Gandhi di Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan, Jumat

TRIBUN MEDAN/ALIF ALQADRI HARAHAP
Raghu Gururaj, Konsulat Jendral India di Medan saat memberikan kata sambutan di perayaan HUT ke-150 tahun Mahatma Gandhi, di Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan, Jumat (2/10/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Konsulat Jenderal India di Medan menyelenggarakan perayaan ulang tahun ke-150 tahun Mahatma Gandhi di Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan, Jumat (2/10/2020).

Perayaan diawali dengan penyematan karangan bunga pada patung perunggu Mahatma Gandhi oleh Raghu Gururaj, Konsul Jenderal India untuk Sumatra di Medan, diikuti oleh Parlindung Purba, Ketua Yayasan Sari Mutiara Indonesia dan UP Bhadra Pala, Ketua Lembaga Kepanditaan, Sumatra Utara di halaman depan Universitas Sari Mutiara Indonesia.

Dalam kata sambutannya, Konsul Jenderal Raghu Gururaj berbicara tentang Universalitas Mahatma Gandhi di dunia saat ini dan menjelaskan bagaimana nilai-nilai universal kebenaran, jalan non-kekerasan dan persaudaraan universal sangat berharga dalam menyelesaikan masalah saat ini.

"Mahatma Gandhi mengajarkan kepada kita tentang apa arti kedamaian. Mahatma Gandhi juga mengajarkan tentang arti persaudaraan yang universal, maka nilai-nilai yang tertuang itu, dapat kita jadikan penyelesaian masalah saat ini," kata Raghu Gururaj saat memberikan kata sambutannya.

Ia menambahkan, Mahatma Gandhi terus menjadi inspirasi bagi generasi muda di setiap negara, sebab Mahatma Gandhi adalah sosok yang menjadi panutan.

"Mahatma Gandhi juga menjadi inspirasi agi bagi kaum muda saat ini di seluruh dunia, nilai-nilainya dapat di anut menjadi hal yang positif," ujarnya.

Selain itu, Komjen India itu mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan dan Rektor Universitas Sari Mutiara Indonesia yang telah bekerjasama dengan Konsulat Jenderal India atas penyelenggaraan acara HUT 150 Mahatma Gandhi.

"Terima kasih atas acara berkala yang diadakan untuk para mahasiswa universitas di India Corner yang didirikan oleh Konsulat di universitas Sari Mutiara," ucapnya.

Selain itu, Parlingdung Purba, Ketua Yayasan Universitas Sari Mutiara Indonesia saat memberikan kata sambutan, berbicara tentang kontribusi Mahatma Gandhi dalam membentuk filosofi dunia menuju perdamaian.

Ia juga mengatakan bahwa kaum muda dunia ini harus terus mendapatkan inspirasi dari cita-cita Mahatma Gandhi dan mencoba mengikuti mereka dalam kehidupan sehari-hari.

"Kami berharap kaum muda di dunia harus dapat terinspirasi dari cita-cita Mahatma Gandhi untuk di terapkan dikehidupan sehari-hari," harapnya.

Selain itu, Tuan U.P. Bhadra Pala, Ketua Lembaga Kepanditaan, Sumatra Utara berbicara singkat tentang kehidupan Mahatma Gandhi dan bagaimana nilai-nilai Gandhi yang kuat membentuk pemikiran dan peristiwa dunia pada abad ini.

Sehubungan dengan perayaan ini, Konsulat Jenderal India telah menyelenggarakan lomba seni bertema Gandhi bersama siswa-siswi Sekolah Brigjend Katamso Medan.

Konsul Jenderal memberikan sertifikat dan hadiah kepada para pemenang. Senada dengan itu, Konjen RI memberikan hadiah lomba video blog Gandhi yang digelar bersama mahasiswa Universitas Sari Mutiara.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved