Breaking News:

Update Pilkada di Sumut 3 Oktober 2020

Kampanye Paslon Bupati Simalungun Harus Pakai Media Terverifikasi Dewan Pers

PKPU Nomor 11 Tahun 2020, menjelaskan media yang boleh menerbitkan iklan kampanye hanya telah terverifikasi Dewan Pers.

T R IBUN-MEDAN.com/Alija Magribi
Empat Pasang Calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun menunjukan nomor urut masing-masing di Patra Comfort Hotel Parapat, beberapa waktu lalu. Pencoblosan Pilkada serentak berlangsung 9 Desember 2020 

Laporan Wartawan T r ibun-Medan.com / Alija Magribi

T R IBUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN

Bawaslu Simalungun tengah mengkaji penggunaan media daring yang dipakai pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Simalungun Tahun 2020.  

Sebab sesuai aturan PKPU Nomor 11 Tahun 2020, menjelaskan media yang boleh menerbitkan iklan kampanye hanya telah terverifikasi Dewan Pers.

Dalam aturan yang dikeluarkan KPU RI pada 22 September 2020 dan tertanda tangan Ketua KPU Arief Budiman, kampanye penggunaan media daring dibolehkan pada rentang waktu empat belas hari sebelum masa tenang, atau 22 November 2020 - 5 Desember 2020.

Pengemis Gendong Anak di Medan Kian Marak saat Pandemi, Pengakuannya Penghasilan Meningkat

Menanggapi pengawasan terkait penggunaan media daring paslon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Simalungun, Mulia Adil Saragih menyampaikan akan memberikan sanksi kepada paslon yang mengindahkan aturan.

"Kalau ada seperti kejadian ini, kita akan memberikan rekomendasi kepada KPU supaya diberikan sanksi administrasi," ujar Mulia.

"Jadi KPU yang memberikan sanksi administrasi kepada pasangan calon berupa peringatan tertulis, perintah penghentian penayangan iklan kampanye dan sanksi berdasarkan perundang-undangan," tambah Mulia kepada Tribun Medan, Sabtu (3/10/2020).

Mulia mengaku saat ini, pihaknya tengah mengkaji penggunaan media daring yang dilakukan paslon sebelum agenda kampanye daring.

KPU Asahan akan Rekrut KPPS dan Petugas Ketertiban, Wajib Jalani Rapid Test

"Kita lagi menelusuri media daring dan ada juga kita temukan iklan di media cetak lokal. Dan temuan ini masih dalam kajian Bawaslu Simalungun," ujar Mulia.

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved