Travel

TRIBUN TRAVEL - Unik, Air Terjun 24 Tingkat di Langkat, Setiap Tingkat Miliki Ketinggian Beragam

Air terjun ini memiliki tingkatan hingga 24 tingkat, dengan ketinggian air terjun yang beragam pula.

T R IBUN-MEDAN.com/Anil Alrasyid
Air terjun 24 tingkat Desa Sei Musam, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. 

Laporan wartawan T r ibun-Medan.com / Muhammad Anil Rasyid

T R IBUN-MEDAN.com, LANGKAT - Taman Nasional Gunung Lauser (TNGL) miliki keragaman keindahan alamnya. Hal itu tampak kelihatan dari penorama alam pegunungan yang luar biasa menakjubkan.

Namun siapa sangka kawasan Taman Nasional Gunung Lauser terdapat beberapa tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Salahsatu objek wisata itu bernama Air Terjun 24 Tingkat yang berada di Desa Sei Musam, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Air terjun ini memiliki tingkatan hingga 24 tingkat,  dengan ketinggian air terjun yang beragam pula. 

Dari ketinggian lima meter hingga air terjun tertinggi sekitar 30 meter.

"Ada 24 tingkat air terjun di sini. Tingginya air terjun pun bervariasi. Pada tingkatan pertama itu, ketinggian air terjun sekitar lima meter," ucap Tukiman warga sekitar air terjun, Jumat (9/10/2020).

Sambung Tukiman, untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung akan menempuh waktu perjalanan lebih kurang empat jam dari pusat Kota Medan.

"Sekitar empat jam lah dari Medan ya, itupun sampai di tepi Sungai Gelugur yang mengalir di tepian TNGL ini," ujar Tukiman.

Selanjutnya, begitu pengunjung tiba di tepian sungai, pengunjung juga harus kembali melanjutkan dengan berjalan kaki dengan dua jalur yang telah tersedia. Jalur pertama melalui sungai dan jalur kedua melalui perbukitan yang sama-sama memakan waktu 15 menit berjalan kaki.

Saat tiba di air terjun pada tingkat pertama, kelelahan yang dirasakan setiap pengunjung akan terbayarkan dengan keindahan alam yang asri dan kesejukan airnya.

"Kadang ada yang melompat ke bawah dari atas air terjun ini," ucap Tukiman.

Bagi pengunjung yang ingin menuju ke air terjun yang ke 24, bisa menyusuri kawasan hutan dengan berjalan kaki dengan waktu tempuh satu jam perjalanan sembaru dipandu warga sekitar.

Untuk menuju lokasi air terjun ini, pengujung sangat disarankan untuk membawa kendaraan roda dua saja. Karena akses jalan yang sulit sehingga banyak pengendara kesulitan saat mengendarai roda empat.

Untuk ke menuju puncak air terjun, pengunjung cukup mengeluarkan uang retribusi sebesar Rp.35 ribu perorang.

Sesampai di puncak pengunjung bisa menikmati puncak air terjun sambil menyaksikan hewan liar yang ada di Hutan Taman Nasional Gunung Leuser seperti burung, monyet dan lainnya.

Selain hutan Tangkahan yang masih alami, kawasan taman nasional ini juga menyimpan flora dan fauna yang beraneka ragam.Terdapat objek-objek wisata yang potensial sebagai daya tarik bagi wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

(CR23/t r ibun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved