Breaking News:

Update Covid19 Sumut 13 Oktober 2020

Covid-19 di Taput, Satu Keluarga Terkonfirmasi Positif Pilih Isolasi Mandiri

Setelah terkonfirmasi positif Covid-19 hasil tes usap, satu keluarga yang berdomisili di Pahae Jae, Taput, menjalani isolasi mandiri

Tribun Medan/Rechtin
Pelaksanaan tes swab massal di Pendopo USU beberapa waktu lalu 

TRIBUN-MEDAN.COM, TARUTUNG - Setelah terkonfirmasi positif Covid-19 hasil tes usap, satu keluarga yang berdomisili di Desa Setia, Kecamatan Pahae Jae, Taput, menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara, Alexander Gultom mengatakan, keempat warga berinisial HB, HP, MJB, dan RS memutuskan untuk menjalani isolasi mandiri.

"Benar, satu keluarga yang terdiri atas empat orang, yakni pasangan suami istri dan seorang anak, serta seorang menantunya menjalani isolasi mandiri di kediamannya di Pahae Jae," kata Alexander kepada wartawan di Tarutung Selasa (13/10/2020).

Isolasi mandiri tersebut dibiarkan sesuai Kepmenkes 413/2020. Sebagaimana, pelaksanaan isolasi mandiri di rumah bagi orang tanpa gejala, gejala ringan, dan tidak memiliki penyakit penyerta atau komorbid.

Selama menjalani isolasi mandiri, sambung dia, mereka bekerjasama dengan unsur musyawarah pimpinan kecamatan, baik itu unsur Polri, TNI, Puskesmas, dan lainnya, yang dilibatkan dalam pelaksanaan pengawasan ketat atas keempat OTG tersebut.

Ia pun mengajak semua pihak bekerja sama meredam penyebaran Covid-19.

Apalagi terhadap korban yang terpapar, agar sesama warga memberi dukungan baik materiil maupun moril.

"Jangan pernah mengucilkan atau merundungnya, ataupun menyematkan stigma atas mereka. Mereka butuh dukungan. Tetaplah laksanakan protokol kesehatan," imbaunya.

Selain itu, Alexander mengajak masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di tengah pandemi Covid-19.

“Lebih penting dari semua itu, harus mampu diimplementasikan lebih mendasar melalui sikap dan tindakan saling bahu-membahu dan bergotong-royong untuk melawannya,” ujarnya.

Dilansir situs covid19.taputkab.go.id, hingga 12 Oktober 2020 terdapat total 61 warga Taput terkonfirmasi positif yang tersebar di 10 kecamatan, dengan persentase angka kesembuhan lebih dari 50 persen.

Dari total 61 kasus terkonfirmasi positif, sebanyak 33 orang dinyatakan sembuh, 27 dalam perawatan, dan 1 orang meninggal.

(Jun-tribun-medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved