Breaking News:

Update Covid19 Sumut 15 Oktober 2020

Ekonomi Sumut Terdampak Covid-19, Gubernur Edy Harapkan Sinergi dengan OJK Terus Terjaga

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengatakan, Pandemi Covid-19 bukan hanya menyerang manusia, tetapi perekonomian juga terdampak akibatnya.

Penulis: Satia | Editor: Juang Naibaho
TRIBUN MEDAN / HO
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menerima audiensi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wilayah Sumatera Bagian Utara di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman. 

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengatakan, Pandemi Covid-19 bukan hanya menyerang manusia, tetapi perekonomian juga terdampak akibatnya.

Bahkan, beberapa sektor bisnis sudah mulai gulung tikar, akibat dampaknya. Salah satunya sektor ekonomi yang terpuruk akibat Covid-19, lantaran penurunan daya beli, yaitu Usaha Mikro Kecil dan mlMenengah (UMKM), Kamis (15/10/2020).

Untuk itu sinergi dari berbagai pihak yang berasal dari beragam sektor harus terus ditingkatkan atau terjaga.

Di bidang jasa keuangan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) senantiasa bersinergi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Sumut.

“Sinergi yang dilakukan merupakan usaha bersama dan motor penggerak pemulihan ekonomi. Ini membutuhkan energi, pemikiran serta kebijakan yang sigap dan tepat,” katanya, saat menerima audiensi OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman, Kota Medan.

Selain itu, Edy mengharapkan TPAKD dapat terus membuat program yang riil dan membantu masyarakat, khususnya UMKM yang membutuhkan akses keuangan.

“Tolong ini riil untuk UMKM, agar bisa dapat akses keuangan dengan mudah, berbuatlah yang terbaik,” ucapnya.

Sebagai informasi, saat ini sudah ada 4 TPAKD kabupaten/kota di Sumut. Akan ada 29 TPAKD kabupaten/kota lagi yang dikukuhkan oleh Gubernur. Menurut Kepala OJK Regional 5 Sumbagut Yusuf Ansori, Sumut adalah provinsi tercepat dan terbanyak yang membentuk TPAKD.

Yusuf memaparkan beberapa program kerja TPAKD Sumut, antara lain percepatan pembentukan Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Sumut, sinergi program Laku Pandai 'One Village One Agen' dengan program sembako, menuju UMKM Sumut Yang Bermartabat dan Berdaya Saing Global.

Selanjutnya swasembada dan ketahanan pangan, optimalisasi sektor kelautan perikanan dan akselerasi serta perluasan Gerakan 'Ayo Menabung'.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved