Breaking News:

Penanganan Covid

Masker Sutra Dinilai Lebih Baik Dari Katun, IDI Sumut: Yang Penting Lapisan Sesuai Standar Kesehatan

Edy mengungkapkan bahwa masker nonmedis yang baik dapat dikategorikan dengan penggunaan lapisan masker yang tepat dan sesuai standar.

TRIBUN MEDAN/HO
KETUA Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumut, dr. Edy Ardiansyah SpOG (K) 

Tribun-Medan.com, Medan - Baru-baru ini, masyarakat sempat memperbincangkan terkait penggunaan masker berbahan satin yang dinilai efektif untuk tangkal virus Covid-19 dibanding menggunakan masker berbahan kain katun yang selama ini dijual bebas di pasaran.

Dilansir dari Kompas.com, ada sebuah penelitian dari University of Cincinnati, Amerika Serikat yang diterbitkan dalam jurnal Plos One memaparkan bahwa masker sutra memiliki sifat antimikroba, antibakteri, dan antivirus yang mirip dengan masker medis.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumut, dr Edy Ardiansyah turut menanggapi hal ini.

Edy mengungkapkan bahwa masker nonmedis yang baik dapat dikategorikan dengan penggunaan lapisan masker yang tepat dan sesuai standar.

"Indikatornya sederhananya dia dapat tembus hembusan atau tidak. Tapi secara klinis, bakteri dan virus tidak dapat tembus kain ini untuk mencegah penyebaran.

Kalau kain sutra lebih bagus dari katun ya tergantung pori-porinya, yang penting kan masker ini harus beberapa lapisan dan sesuai standar kesehatan," ungkap Edy kepada Tribun-Medan.com, Sabtu (17/10/2020).

Edy menuturkan bahwa dalam menggunakan masker sesuai standar tentu masyarakat akan tidak merasa nyaman dari berbagai faktor. Namun, Edy menuturkan bahwa hal ini bagaimana cara kita merawatnya.

"Masker medis saja tiga lapis apalagi masker yang belum ada pemeriksaannya. Makanya berlapis-lapis saja, cuma nyamankah seseorang menggunakannya. Kalau masker N95 saja tidak nyaman cuma mengenai nyaman tak nyamannya tergantung individunya.

Kalau secara medis rapat semuanya, apalagi baju. Nyaman tidak? Ya tidak, tapi begitulah protect kita. Ini kebiasaan hingga akhirnya kita nyaman menggunakan," ucap Edy.(cr13/tribun-medan.com)

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona

Mari cegah dan perangi persebaran Covid-19. Tribun Medan mengajak seluruh Tribuners untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.

Ingat Pesan Ibu: Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga jarak

Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved