Breaking News:

Penanganan Covid

Rayakan Hari Cuci Tangan Sedunia dan Putus Penyebaran Covid, Aqua dan Warga Langkat Sosialisasi PHBS

Aqua ingin mendorong masyarakat secara luas agar membiasakan mencuci tangan pakai sabun dan hal ini harus menjadi kebiasaan.

TRIBUN MEDAN/HO
KEGIATAN sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) berupa mencuci tangan menggunakan sabun yang dilaksanakan Aqua di Kabupaten Langkat. 

TRIBUN-MEDAN.com, LANGKAT - PT. Tirta Investama (AQUA-Langkat) dan warga Langkat merayakan Hari Cuci tangan Sedunia yang jatuh setiap tanggal 15 Oktober dengan mensosialisasikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dimana salah satu poinnya adalah mencuci tangan menggunakan sabun.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan di dua tempat yang berbeda yaitu di Madrasah Ibtidaiyah Az-Zahra Dusun Adimulyo, Desa Pasar Enam Kwala Mencirim tanggal 14 Oktober 2020. Dan di Dusun Bandar Meriah, Desa Namu Ukur Utara, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat tanggal 15 Oktober 2020. Kegiatan ini melibatkan 100 santri serta tetap menggunakan protokoler kesehatan.

SR Coordinator PT. Tirta Investama, Jimmi Simorangkir dalam keterangan persnya kepada Tribun-Medan.com, Sabtu (17/10/2020) mengatakan, kegiatan yang dilakukan di Madrasah ini diantaranya sosialisasi langkah-langkah cuci tangan yang baik dan benar kepada semua santri.

Kemudian juga dilakukan sosialisasi pengelolaan sampah dan menginformasikan adanya Bank Sampah di desa mereka sehingga anak-anak dapat terlibat langsung untuk menjaga kebersihan lingkungan mereka.

"Kita ingin mendorong masyarakat secara luas agar membiasakan mencuci tangan pakai sabun dan hal ini harus menjadi kebiasaan, karena cara ini cukup efektif meningkatkan kesehatan dan serta dianggap dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tentunya sosialisasi kemasyarakat sangat penting dilakukan agar masyarakat memahami manfaat pentingnya cuci tangan pakai sabun," katanya.

"Kegiatan kita buat di dua tempat yang berbeda dengan jumlah partisipasi sebanyak 100 orang dan dengan menggunakan protokoler kesehatan. Harapan kita masyarakat menjadi lebih paham dan mempraktikkan cuci tangan pakai sabun dalam keseharian mereka,’’ kata Jimmi.

Di lokasi kegiatan yang sama Anggi Irfiani selaku Volunteer Sources of Indonesia  menjelaskan, kegiatan sosialisasi ini di buat di dua tempat terpisah yaitu di madrasah Ibtidaiyah Az-Zahra dengan jumlah peserta sebanyak 65 orang. 

Kegiatan yang dilakukan seperti sosialisasi cuci tangan pakai sabun dengan metode games, sosialisasi bijak berplastik dan sosialisasi bank sampah. "Semua kegiatan kita kemas dalam kegiatan yang menarik bagi anak-anak," katanya.

Sedangkan kegiatan kedua dilakukan di Bandar Meriah Desa Namu Ukur Utara dengan jumlah anak yang terlibat sebanyak 35 orang. Adapun kegiatan kegiatan yang dilakukan di tempat ini diantaranya perpustakaan bergerak, membaca buku bersama, story telling serta sosialisasi cuci tangan kepada anak-anak usia sekolah dasar.

"Semua kegiatan tersebut kita buat dengan menerapkan protokoler kesehatan seperti wajib memakai masker dan menjaga jarak. Diakhir kegiatan kami juga membagikan hand sanytizer kepada semua peserta dan ini merupakan dukungan dari Ecolab dan Danone. Kita berharap kegiatan ini dapat menjadi pemicu masyarakat untuk membudayakan cuci tangan pakai sabun dalam keseharian mereka," kata Anggi.

Halaman
12
Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved