Breaking News:

Penanganan Covid

Rusak Lukisan Mural Ajakan Prokes, Satgas Covid-19 Kota Medan: Masyarakat Harusnya Menjaga

Pemko Medan melakukan edukasi dan sosialisasi perihal protokol kesehatan (prokes), dan pembuatan mural termasuk bagian edukasi dari sisi seni.

Tribun-medan/Rechtin
MURAL yang mengkampanyekan protokol kesehatan di Jalan Pajak Ikan Lama Medan dirusak, Jumat (16/10/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com, Medan - Mural bertemakan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang baru saja selesai dibuat oleh seniman di Medan dirusak dengan coretan oknum yang tidak bertanggungjawab.

Coretan ini memenuhi sebagian sisi mural serta merusak estetika dan pesan yang ingin disampaikan melalui mural yang terletak di tengah kota ini.

Menanggapi hal ini, Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Medan dr Mardohar Tambunan menyatakan bahwa pencoretan tersebut memperlihatkan buruknya attitude masyarakat.

Pihaknya telah banyak melakukan edukasi dan sosialisasi perihal protokol kesehatan (prokes), dan pembuatan mural termasuk bagian dari edukasi dari sisi seni.

"Itu adalah gambaran dari attitude, itu kan tandanya tidak baik. Sudah banyak kita lakukan edukasi, sosialisasi terkait pencegahan Covid-19 berupa wawancara, gambar, melalui TV, saluran radio," ujar dr Mardohar Tambunan kepada Tribunmedan.id, Jumat (16/10/2020).

"Itu (mural prokes) itu kan untuk kita juga kan. Bagaimana kita melihat fakta itu, kita belum mempunyai rasa kepemilikan, buat apa lagi lukisan itu dicoret-coret," sambungnya.

MArdohar menegaskan bahwa lukisan mural itu bagian dari upaya mewartakan berjalannya protokol kesehatan di Kota Medan.

"Untuk apa lukisan mural itu, itu kan untuk mengingatkan kita juga, bahwa dalam situasi pandemi Covid-19, ini yang perlu kita jaga," sambungnya.

Dikatakannya, perlakuan mencoret mural tersebut adalah perbuatan yang tidak terpuji, dan tidak pantas ditiru.

"Jadi teman-teman semua, hal itu tidak baik. Manatahu sambil lalu, kita lihat anak-anak sedang mencoret-coret dinding, grafiti yang bagus, kan enggak apa-apa. Ini merusak apa yang sudah bagus," ungkapnya.

"Mari kita jaga sama-sama. Itu kan untuk kita, apa yang dicantumkan dalam lukisan mural itu bagus lho, protokol kesehatan harus kita jalankan. Untuk saat ini, itu yang harus kita lakukan," pungkasnya. (cr3/tribun-medan.com)

Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved