Breaking News:

Minimalisir Produksi Sampah, KKSP dan Roda Hijau Edukasi Ibu-ibu Kelola Limbah Plastik

Tujuan kegiatan ini untuk mencapai lingkungan terbaik buat anak dengan cara mengedukasi ibu rumah tangga dalam mengelola sampah plastik.

Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN MEDAN/RECHTIN
TALSHOW mengenai pengelolaan sampah plastik kepada ibu rumah tangga di Gang Nasional, Jalan Brigjen Katamso Medan Maimun, Medan. Kegiatan ini diadakan oleh KKSP bekerjasama dengan Roda Hijau. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Yayasan Kelompok Kerja Sosial Perkotaan atau KKSP bersama komunitas  Roda Hijau mengadakan pelatihan bertajuk Bebas Sampah dari Rumah, di Gang Nasional, Jalan Brigjen Katamso, Kecamatan Medan Maimun.

Fasilitator KKSP, Nasriati mengatakan KKSP merupakan yayasan yang terfokus pada isu anak.

Dalam hal ini, pihaknya bertujuan untuk mencapai lingkungan terbaik buat anak dengan cara mengedukasi ibu rumah tangga dalam mengelola sampah plastik.

"Sebenarnya kita aktif di isu anak ya, kita juga biasa mengadakan pelatihan untuk anak. Nah kali ini khusus untuk ibu-ibu karena tujuan nya tetap, yakni menciptakan lingkungan yang baik buat anak. Dan hal itu sangat bisa dimulai dengan mengedukasi para ibu rumah tangga," ujar Nasriati, Sabtu (17/10/2020).

Perempuan yang akrab disapa Kak Nas ini mengatakan, kegiatan ini berisi pelatihan mengenai sampah plastik, waktu terurai nya, hingga cara mengelola limbah plastik dari rumah.

Baca juga: Ibu-ibu Latihan Buat Eco-enzyme dari Sampah Organik

"Materinya sebenarnya hanya sebentar ya, jadi masing-masing ibu-ibu itu berberes di rumahnya. Ketika ada sampah plastik yang tidak lagi digunakan, nanti akan diolah menjadi barang yang bisa dipakai kembali," tuturnya.

Dikatakannya, selama pandemi Covid-19 pihaknya juga kerap melakukan kegiatan sosial seperti memberikan bantuan sembako kepada ibu-ibu warga sekitar.

"Kali ini kita penginnya itu ada isinya, maksudnya enggak hanya memberi tapi ada yang ditinggalkan gitu. Jadi dengan pelatihan begini kan mereka jadi lebih paham dan ilmu nya itu bisa diaplikasikan untuk jangka panjang," ungkap Nas.

Khairunisa dari Roda Hijau yang juga merupakan pemateri dalam kegiatan ini menjelaskan bahwa masih banyak ibu-ibu rumah tangga yang belum memahami konsep pengelolaan sampah dari rumah.

Oleh karena itu, tak jarang dari mereka yang mengelola sampahnya dengan cara kurang tepat seperti membakar atau membuang nya ke sungai.

"Bagi mereka sampah itu hanya ada dua pilihan, kalau enggak dibakar, ya dibuang ke sungai. Semoga dengan adanya edukasi seperti itu sedikit banyaknya bisa menumbuhkan kesadaran bagi ibu-ibu ini," tuturnya.(cr14/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved