Breaking News:

Ratusan Pencinta Ikan Cupang Ikuti Kontes Nasional di Rantauprapat

Ratusan pencinta ikan cupang mengikuti kontes cupang nasional bertajuk Botimoon Nasional Betta Contest yang diadakan di Rantauprapat, Labuhanbatu

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: Juang Naibaho
HO
Lomba cupang hias Botimoon Nasional Betta Contest yang diadakan di Rantauprapat, Labuhanbatu. 

TRIBUN-MEDAN.com - Ratusan pencinta ikan cupang mengikuti kontes cupang nasional bertajuk Botimoon Nasional Betta Contest yang diadakan di Warung Botimoon, Jalan Sibuaya, Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Senin (19/10/2020).

Humas Botimoon Betta Contest, Alafandi Lubis menuturkan kegiatan ini merupakan kompetisi cupang nasional yang diikuti oleh 608 orang peserta yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia.

"Kegiatan utamanya itu kompetisi cupang hias yg dilakukan secara nasional, ada juga open booth merchandise. Kegiatan ini diikuti 608 orang," ujar Alafandi, Senin (19/10/2020).

Lebih lanjut ia menuturkan terdapat tiga kategori lomba dalam kompetisi Cupang ini, dari tiga kategori tersebut ada delapan kelas utama.

"Dari delapan kelas utama ada 50 total sub class yang diperlombakan, syaratnya membawa ikan cupang, dan membawa ikan sesuai 50 kelas yang akan diperlombakan," jelasnya.

Untuk juri lomba Alafandi mengatakan berasal dari empat provinsi yang berbeda. Penilaian juga dilakukan dengan standar yang sudah diterapkan taraf nasional.

"Penilaian menggunakan standart nasional atau dikenal dengan standart SNI dan juri kita menggunakan juri nasional yang kompeten dibagi dari empat provinsi berbeda yakni Bekasi, Aceh, Medan dan Pekanbaru," katanya.

Hadiah dari kompetisi ini adalah uang tunai untuk juara masing masing class dan trophy lux serta sertifikat.

Sementara untuk juara utama atau juara umum, Alafandi mengatakan hadiahnya adalah 1 unit motor NMAX, piala dan sertifikat.

"Yang menarik adalah hadiah utama yang diperlombakan berupa 1 unit NMax ini termasuk pertama yang akan diadakan di Pulau Sumatera," katanya.

Melalui kompetisi ini ia berharap cupang hias asal Labuhanbatu dapat lebih dikenal oleh masyarakat luar Sumatra dan Internasional.

"Harapannya melalui kompetisi ini bisa menasionalkan cupang hias Rantauprapat dan menduniakan cupang hias Indonesia karna target peserta hingga ke Malaysia dan Singapura," tutupnya.

(cr14/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved