Breaking News:

Acungkan 3 Jari Tanda Dukungan Kepada Calon Petahana, 4 Pejabat ASN Dilaporkan ke Bawaslu Samosir

Tiga pejabat eselon II dan satu camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Samosir dilaporkan ke Bawaslu.

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Royandi Hutasoit
TRIBUN MEDAN/HO
Tiga pejabat eselon II dan satu camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Samosir dilaporkan ke Bawaslu. 

TRIBUN-MEDAN.COM - SAMOSIR - Tiga pejabat eselon II dan satu camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Samosir dilaporkan ke Bawaslu.

Ketiga ASN tersebut dilaporkan karena berfoto dengan mengacungkan 3 jari yang merupakan nomor urut calon bupati petahana, Rapidin Simbolon dan Juang Sinaga

Pernyataan itu disampaikan oleh Anggota Bawaslu Samosir Robintang Naibaho. "Benar, kita telah menerima laporan itu dan akan menindaklanjutinya," ujar Robintang Naibaho.

Pelaporan ASN tersebut ke Bawaslu ini atas dasar foto ASN tersebut yang tersebar di WhatsApp. Tampak foto bersama beberapa orang ASN mengacungkan simbol tiga jari.

Bawaslu Samosir terlebih dahulu akan melakukan pengkajian dan penelusuran untuk melihat apakah ada indikasi keterlibatan para ASN tersebut untuk mendukung salah satu pasangan calon tersebut sesuai Perbawaslu nomor 8 tahun 2020 tentang mekanisme penanganan pelanggaran.

"Juga menurut Perbawaslu nomor 6 tahun 2018 tentang pengawasan netralitas ASN sanksinya bila terbukti akan penerusan ASN tersebut kepada Komisi Aparatur Sipil Negara, dan masa tenggang waktunya adalah lima hari," ujar Robintang Naibaho.

Terpisah pelapor Panal Limbong, SH mengaku telah melaporkan tiga pejabat ASN Pemkab Samosir yaitu Asisten II SS, Kepala Bappeda RS dan Kadis Koperindag VS serta Camat Pangururan BS.

"Benar, saya melaporkan ASN yang melakukan simbol 3 jari yang merupakan lambang cabup Samosir Rapidin Simbolon dimana dia petahana," tegasnya.

Menurut Panal Limbong yang juga seorang advokat ini, pengacungan simbol tiga jari oleh ASN yang viral tersebar di WhatsApp ini mempunyai unsur ajakan kepada masyarakat ramai atau ASN.

"Ini ada unsur pengajakan kepada masyarakat khalayak ramai atau secara tidak langsung kepada ASN untuk mendukung petahana," terang Panal Limbong.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved