Breaking News:

Akibat Tidak Pakai Masker, 59 Warga Terjaring Operasi Yustisi yang Digelar Pemkot Medan

Operasi yustisi dalam bentuk razia masker untuk memutus penyebaran Covid-19 di Kota Medan berhasil menjaring 59 warga di Kecamatan Medan Helvetia.

Dok. Humas Pemkot Medan
59 warga terjaring operasi yustisi di Kota Medan 

TRIBUN-MEDAN.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Medan melalui Tim Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 menggelar operasi yustisi pendisiplinan protokol kesehatan.

Operasi yustisi dalam bentuk razia masker tersebut dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Medan.

Dalam operasi yustisi itu, 59 warga kedapatan tidak mengenakan masker saat melintas di Jalan Gaperta Ujung, Kecamatan Medan Helvetia, Selasa (20/10/2020).

Sebelum dimulai, kegiatan diawali dengan apel petugas gabungan yang terdiri dari unsur Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Medan dan Satpol PP Provinsi Sumatra Utara (Sumut) dan Dinas Perhubungan.

Sebagai informasi, apel petugas gabungan itu dipimpin Kepala Bidang (Kabid) Penertiban Umum Satpol PP Reyes Sihombing.

Reyes mengungkapkan, razia masker terus gencar dilakukan sebagai bentuk penegakan Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 27 tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Pada Kondisi Pandemi Covid-19 di Kota Medan.

Selain itu, Reyes mengatakan, langkah tersebut sejalan dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Sumut Nomor 34  tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan  dan Pengendalian Covid-19 di Provinsi Sumut.

Pada kesempatan itu, Reyes juga menuturkan, kegiatan operasi dilakukan dengan tetap mengedepankan cara persuasif.

"Untuk sanksi yang dikenakan berupa sanksi fisik seperti push up, non fisiknya yakni melafalkan Pancasila dan menyanyikan lagu nasional serta penahanan kartu identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) selama tiga hari," jelasnya.

Kemudian, sambung Reyes, bagi masyarakat yang KTP-nya ditahan, akan diberikan surat berita acara penahanan kartu identitas untuk digunakan mengambil kembali di Kantor Satpol PP.

"Namun, dari razia yang terus rutin kami gelar, sudah mulai terlihat ada peningkatan kesadaran masyarakat menggunakan masker, meski masih saja dijumpai warga yang tidak mengenakannya," ungkapnya.

Oleh karenanya, Reyes terus mengimbau seluruh masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas.

"Semua wajib menjaga jarak, mencuci tangan dan terpenting menggunakan masker agar terhindar dari Covid-19," pesan Reyes.

Penulis: Maria Arimbi Haryas Prabawanti
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved