Breaking News:

Pjs Wali Kota Medan Sebut Optimalisasi Program Terencana Mampu Kendalikan Laju Inflasi

Pjs Wali Kota Medan berharap koordinasi yang ada dapat membawa perubahan signifikan terutama dalam percepatan recovery di sektor ekonomi.

Dok. Humas Pemkot Medan
Pjs Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho menghadiri Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2020 secara virtual di Command Center Balai Kota Medan, Kamis (22/10/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com – Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho mengatakan, perlu ada langkah-langkah optimalisasi lewat program terencana sehingga angka dan laju inflasi dapat terkendali.

"Semoga, koordinasi yang ada dapat membawa perubahan signifikan terutama dalam percepatan recovery di sektor ekonomi," kata Arief.

Hal tersebut Arief sampaikan usai mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2020 secara virtual di Command Center Balai Kota Medan, Kamis (22/10/2020).

Sebelumnya, Arief mengungkapkan akan mengkoordinasikan sejumlah langkah dengan unsur terkait agar kondisi perekonomian di Kota Medan dapat kembali normal.

“Terlebih di tengah terpaan Virus Corona yang sampai saat ini belum dapat diprediksi kapan akan berakhir,” ujar Arief, seperti dalam keterangan tertulis yang Tribun Medan terima, Jumat (23/10/2020).

Sementara itu, tujuan rakornas sendiri guna menyamakan visi, misi, langkah, dan persepsi dalam menghadapi serta mengendalikan inflasi di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia berdampak pada semua sektor kehidupan, termasuk sektor ekonomi.

“Pasalnya, hal tersebut juga mempengaruhi daya beli masyarakat yang berpengaruh pada tingkat dan laju perekonomian,” ujar Jokowi, dalam sambutannya melalui sambungan virtual.

Untuk itu, Jokowi melalui pemerintah berupaya mendorong bangkitnya perekonomian Indonesia dengan melakukan dan menyusun berbagai skema lewat program-program bantuan kepada masyarakat.

“Bantuan tersebut di antaranya berupa bantuan langsung tunai. Hal ini diharapkan dapat memacu daya beli guna proses pemulihan ekonomi nasional (PEN),” kata Jokowi. 

Jokowi turut mengajak peserta rakornas yang hadir ikut serta dalam membangun harapan dan semangat, sehingga ekonomi dapat bangkit kembali.

“Indonesia sehat demi menuju Indonesia yang maju," pungkas Presiden.

Orang nomor satu di Indonesia ini pun berharap, melalui rakornas tersebut didapatkan sejumlah formula penanganan masalah inflasi, terlebih di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Kegiatan rakornas tersebut turut dihadiri sejumlah Menteri dan pejabat tinggi negara maupun daerah.

Pejabat tersebut diantaranya Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) Agung Firman Sampurna, Gubernur Bank Indonesia (BI) Doni Primanto Joewono, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta para gubernur, bupati dan wali kota se-Indonesia.

Penulis: Dwi Nur Hayati
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved