Breaking News:

46 Hari Jelang Pilkada di Sumut

KPUD Asahan Siap Penuhi Target Nasional 77,5 Persen Partisipasi Pemilih Gunakan Hak Suara

Meski demikian KPUD Asahan siap memenuhi realisasi 77,5 persen partisipasi pemilih pada Pilkada kali ini sesuai target dari KPU RI.

Tribun Medan/Mustaqim Indra Jaya
Ketua KPUD Asahan, Hidayat. 

TRIBUN-MEDAN.com, KISARAN - Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Asahan akan berlangsung pada 9 Desember 2020, atau kurang dari dua bulan. Berbeda dengan sebelum-sebelumnya, momen Pilkada tahun ini berlangsung dalam masa pandemi covid-19.

Meski demikian KPUD Asahan siap memenuhi realisasi 77,5 persen partisipasi pemilih pada Pilkada kali ini sesuai target dari KPU RI.

Ketua KPU Asahan, Hidayat mengaku optimis jumlah pemilih yang hadir ke tempat pemungutan suara (TPS) sesuai dengan target nasional. Walau pada Pilkada 2015 silam partisipasi pemilih hanya 55 persen lebih.

"Target kami pemilih di Pilkada Asahan sesuai dengan target nasional sebesar 77,5 persen," kata Hidayat, Sabtu (24/10/2020).

Adapun upaya yang dilakukan KPU Asahan, lanjut Hidayat, yakni gencar melakukan sosialisasi tentang pelaksanaan Pilkada 2020 hingga tingkat desa atau kelurahan. Setiap sosialisasi, KPU Asahan pun turut mengedepankan protokol kesehatan.

Baca juga: KPU Asahan Akan Gelar Dua Kali Debat Pilkada, Berpotensi Dilaksanakan di Luar Kota

Sementara sosialisasi yang umum disampaikan, yakni mengenai pentingnya datang ke TPS, menggunakan hak suara masing-masing, memilih pemimpin Kabupaten Asahan untuk lima tahun ke depan.

Hidayat menambahkan, pihaknya pun siap memfasilitasi ada kelompok yang datang ke kantor KPU Asahan, untuk mendapatkan sosialisasi Pilkada.

"Kami tetap lakukan sosialisasi di tengah masyarakat. Salah satunya segmen pemilih pemula yang sosialisasinya dilaksanakan di beberapa kecamatan. Terkadang dari pemuda setempat memfasilitasi kami untuk melakukan sosialisasi hingga tingkat desa atau kelurahan," ungkap Hidayat.

Selain melakukan sosialisasi, pihaknya pun berharap seluruh stakeholder turut berperan mengajak masyarakat untuk menggunakan hak suaranya.

Sehingga tingkat partisipasi masyarakat tinggi untuk mau hadir ke TPS.

"Untuk partisipasi ini menjadi tanggung jawab semua pihak, tidak hanya kami, KPU Asahan, tapi juga peserta atau paslon maupun peran pemerintah. Dan kemauan keras dari masyarakat sebagai pemilih juga turut berperan," ujar Hidayat.(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved