Breaking News:

Smart Women

Mengenal Sosok Reviana Rumahorbo, Pendiri Pusat Informasi Konseling Remaja di Samosir

Sebagai wakil Samosir, ia harus bergabung ke sebuah PIK-R, karena saat itu belum ada PIK-R di daerah itu, ia mendirikan sendiri.

HO / Tribun Medan
Reviana Rumahorbo 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Bertekat ingin membangun desanya, Reviana Rumahorbo mendirikan sebuah PIK-R (Pusat Informasi Konseling Remaja).

PIK-R adalah suatu wadah kegiatan yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang Perencanaan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja.

Perempuan asal Samosir ini mengatakan selama ini banyak kegundahan yang ia rasakan saat melihat remaja di desanya.

Menurutnya di tengah derasnya arus modernisasi, masih banyak remaja yang belum siap.

"Kan notabene daerah pariwisata, arus modernisasinya kencang. Nah aku melihat masih banyak anak muda yang justru belum siap dengan itu. Aku melihat mereka belum bisa menerima perubahan. Padahal kan Samosir punya potensi yang besar untuk dikembangkan tapi masih banyak yang tidak punya motivasi untuk melanjutkan sekolah. Menikah dini juga masih banyak," katanya.

Untuk itu dia membuat berbagai sosialisasi di PIK-R. Selain itu, Revi juga mengikuti berbagai ajang seperti Putri Pariwisata dan Duta Generasi Berencana (GenRe).

"Aku mau lebih produktif dalam berbagai perlombaan selain karena aku mau membanggakan orang tua, aku terdorong untuk produktif. Jadi remaja di sana mereka lihat, mereka bisa termotivasi dengan berbagi kegiatan positif yang dilakukan di PIK-R," lanjutnya.

PIK-R yang ia dirikan merupakan PIK-R pertama yang berbasis masyarakat di Samosir setelah sebelumnya ada PIK-R berbasis siswa.

Reviana Rumahorbo
Reviana Rumahorbo (HO / Tribun Medan)

Mahasiswi Pendidikan Seni Tari Universitas Negeri Medan (Unimed) ini mengatakan ia berkeinginan untuk bisa pulang kampung dan membangun Samosir.

Kata Revi, PIK-R didirikan pertengahan tahun 2020 tepatnya saat ia mengikuti ajang Duta GenRe 2020.

Halaman
1234
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved