Breaking News:

Penanganan Covid

Lima Jam Sekali Masker Wajib Ganti, Ternyata Banyak Warga Medan Tidak Tahu

Penggunaan masker nonmedis seperti kain setidaknya perlu diganti setiap lima jam sekali sesuai standar kesehatan.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN MEDAN/RECHTIN
WARGA saat melakukan berolahraga dengan menggunakan masker di Lapangan Merdeka, Medan. 

Tribun-Medan.com, Medan - Penggunaan masker sangat penting untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi saat ini.

Namun, yang tidak kalah penting juga perlu diperhatikan masyarakat terkait jangka waktu efektivitas penggunaannya.

Penggunaan masker nonmedis seperti kain setidaknya perlu diganti setiap lima jam sekali sesuai standar kesehatan dan masker medis dengan batasan waktu delapan jam.

Namun, dari fakta di lapangan sendiri terlihat masih banyak warga yang menggunakan masker seharian penuh untuk beraktivitas. Diantaranya para tukang becak yang hanya menggunakan satu masker mulai dari pagi hingga malam hari.

Hal ini diungkapkan Herman, tukang becak yang menggunakan masker seharian penuh untuk mengangkut penumpang. Ia sendiri tidak mengetahui jika ada batasan waktu menggunakan masker.

"Nggak tahu ada waktunya gitu. Yang kita tahu kan disuruh pakai masker, ini udah pakai. Ya seharian kita pakai dari berangkat sampai pulang lah. Gak pernah ganti seharian itu. Ya besok mau pigi kerja lagi ganti lagi," ungkap Herman kepada Tribun-Medan.com, Minggu (25/10/2020).

Ketidaktahuan juga turut dialami Anto, sopir ojek online ini menuturkan ia turut menggunakan masker sehari sekali lantaran keterbatasan masker yang ia miliki.

Baca juga: Masker Tidak Boleh Dipakai Lebih Lima Jam, IDI Ungkap Tanda Masker Sudah Wajib Diganti

"Sehari sekali ganti. Masker cuma ada dua yang kain. Ini yang dipakai sama satu di rumah. Enggak tahu beberapa jam sekali harus ganti. Paling kita batasi pakai tisu lagilah biar nggak langsung kainnya itu kena ke kulit kita," kata Anto.

Anto yang menggunakan masker kain lebih dari delapan jam ini menuturkan jika ia turut merasakan rasa tidak nyaman. Namun, jika hal tersebut ia alami, ia memilih melepaskan maskernya.

"Ya kalau udah sore atau malam udah nggak enak lah. Kitakan napasnya disitu semua. Udah lembab-lembab gitu kadang. Ya kita buka dululah masker, diangin-anginkan misalnya lagi mau makan atau salat. Tapi denger lima jam sekali diganti gini, perlu juga kayaknya. Udah capek-capek pake masker sayang juga percuma ya kan," ucapnya.(cr13/tribun-medan.com)

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona.

Mari cegah dan perangi persebaran Covid-19. Tribun Medan mengajak seluruh Tribuners untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.

Ingat Pesan Ibu: Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga jarak

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved