Breaking News:

Penanganan Covid

Satgas Gugus Tugas Medan Berharap Atlet Medan Tetap Semangat Berlatih di Tengah Pandemi

Para peserta diberikan pemahaman mengenai kebiasaan baru yang harus diterapkan guna mencegah penularan Covid-19.

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN MEDAN/HO
TIM Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melakukan sosialisasi Perwal Nomor 27 tahun 2020 Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru di masa pandemi Covid-19 kepada para pelatih cabang olahraga. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemko Medan melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kembali melakukan sosialisasi Perwal Nomor 27 tahun 2020 Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru di Massa Pandemi Covid 19 bagi seluruh elemen masyarakat.

Kali ini, belasan pelatih dari berbagai cabang olahraga yang menjadi sasaran sosialisasi tersebut.

Bertempat di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Medan Jalan Rotan Proyek II Pasar Petisah, Medan, para peserta diberikan pemahaman mengenai kebiasaan baru yang harus diterapkan guna mencegah penularan Covid-19.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, Arjuna Sembiring selaku Sekretaris Tim Gugus Tugas dalam arahannya, mengatakan adaptasi kebiasaan baru yang telah diatur, oleh Perwal No 27/2020 menjadi acuan dalam melakukan aktifitas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Termasuk kepada para insan olah raga yang mungkin selama masa pandemi tidak banyak tampil dalam event-event besar. Namun begitu para atlet dan pelatih tetap harus melaksanakan latihan. Untuk itu, saya pesankan kepada seluruh peserta untuk dapat memahami dan menerapkan secara disiplin protokol kesehatan selama melakukan kegiatan bagi para atlet," ucap Arjuna.

Protokol kesehatan yang harus diterapkan, sambungnya, tidak hanya meliputi, memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun saja melainkan juga menerapkan jam latihan yang berbeda agar tidak menciptakan kerumunan.

"Para pengurus cabang olahraga dan pelatih mungkin harus juga memperhatikan jadwal latihan yang harus dirancang sedemikian rupa agar menghindarkan kerumunan. Tentu ada bedanya cabor untuk aktifitas dalam ruangan maupun luar ruangan," katanya.

Terkait hal tersebut, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Mardohar Tambunan mengatakan penggunaan masker terhadap para atlet harus juga diperhatikan, terutama pada atlet cabor yang berat seperti atletik yang memerlukan sirkulasi udara yang baik.

"Jangan sampai masker yang tidak tepat malah menghambat sirkulasi pernafasan para atlet," ucap Mardohar.

Namun begitu, penggunaan masker maupun face shield tetap harus didisiplinkan terutama pada cabor yang mempertemukan dua orang atau lebih seperti tinju, futsal dan lain sebagainya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved