Breaking News:

Penanganan Covid

Antisipasi Klaster Baru Covid-19, Rutan di Medan Pertimbangkan Penggunaan Swab Antigen

pihak Lapas dan Rutan mengantisipasi klaster baru penyebaran Covid-19 dengan adanya persiapan diagnosa cepat.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Juang Naibaho
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Tim medis menyusun hasil rapid test di Direktorat Sabhara Polda Sumut, Medan, Rabu (24/6/2020). Kegiatan rapid dan swab test massal tersebut dilaksanakan dalam rangka Hut Bhayangkara ke-74. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Penyebaran Covid-19 masih terus berlangsung. Hal itu juga terjadi di beberapa Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) di Sumatera Utara (Sumut) beberapa waktu terakhir.

Untuk menanggulanginya, pihak Lapas dan Rutan mengantisipasi klaster baru penyebaran Covid-19 dengan adanya persiapan diagnosa cepat.

Di Rutan Kelas I Medan, misalnya, selain berupaya melakukan protokol kesehatan, mereka juga tengah mempertimbangkan penggunaan kit swab antigen atau rapid antigen.

Metode ini diperkirakan dapat dilaksanakan dan akurasinya diklaim mendekati tes swab-PCR. Harganya juga jauh lebih murah.

“Harganya hanya sekitar Rp 90 ribu per unit. Hasilnya pun dapat diketahui sekitar setengah jam,” kata Kepala Rutan Kelas I Medan, Theo Adrianus Purba, Rabu (28/10/2020).

Penggunaan swab antigen ini sedang dikoordinasikan dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan instansi terkait lainnya.

Kepala Rutan Kelas I Medan Theo Adrianus Purba memperkirakan rencana itu segera terealisasi.

Sejauh ini belum ada temuan tahanan atau narapidana yang mendekam di rutan yang ada di Tanjung Gusta itu terkonfirmasi Covid-19.

Hanya satu pegawai yang yang diketahui positif Covid-19, sepulang dari mengawal warga binaan ke Gunung Sitoli.

“Itu juga jauh hari sebelum hasil swab beliau itu keluar, sudah kita WFH-kan di rumah sebagai salah satu cara untuk mencegah penularan Covid-19 di Rutan Kelas 1 Medan,” jelas Theo.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved