Breaking News:

37 Hari Jelang Pilkada di Sumut

Dua Kali Debat, Delapan Materi Harus Dikuasai Empat Pasang Cabup dan Cawabup Simalungun

Jadwalnya adalah debat pertama diselenggarakan 14 November 2020 dan debat kedua direncanakan tanggal 1 Desember 2020.

Penulis: Alija Magribi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN MEDAN/HO
EMPAT pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun menunjukkan nomor urut yang mereka peroleh dari undian yang dilaksanakan KPUD Simalungun, Kamis (24/9/2020) di Patra Comfort Hotel Parapat 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN - KPUD Simalungun mengagendakan dua kali debat pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun sebelum Pilkada 9 Desember 2020 mendatang. Jadwalnya adalah debat pertama diselenggarakan 14 November 2020 dan debat kedua direncanakan tanggal 1 Desember 2020.

"Insyaallah diselenggarakan pada 14 November 2020 dan 1 Desember 2020. Direncanakan dua kali debat. Terkait materi bisa ditanyakan pada bagian divisi sosialisasi karena masih dalam pengkajian oleh mereka," ujar Ketua KPUD Simalungun, Raja Ahab Damanik kepada Tribun-Medan.com, Senin (2/10/2020).

Selanjutnya, Kasubbag teknis Lorensius Nainggolan menjelaskan, pada debat pertama ada empat topik yang akan diulas oleh keempat pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun.

"Debat pertama, topiknya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, lalu ada kebijakan dan strategi penanganan, pencegahan dan pengendalian Covid-19," kata Lorensius.

Selanjutnya pada debat kedua, juga ada empat topik yang akan dijelaskan masing-masing pasangan calon sesuai visi-misinya bila terpilih sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun Periode 2020-2024.

Baca juga: Irjen Purn Wagner Damanik, Calon Bupati Terkaya Pilkada Simalungun, Total Kekayaan Rp 23,8 Miliar

"Pada debat kedua, topiknya menyelesaikan persoalan daerah, menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten/kota dan provinsi dengan nasional, memperkokoh NKRI dan kebangsaan sampai kebijakan dan ada strategi penanganan pencegahan dan pengndalian Covid-19 lagi," kata Lorensius.

Lorensius menuturkan, debat pertama nantinya akan diselenggarakan di Hotel Patra Comfort Parapat dan disiarkan oleh saluran televisi swasta lokal, Evarina TV. Khusus untuk debat kedua, belum dipastikan lokasi debat.

"Tanggal 1 Desember kemungkinan di Medan, tempat belum fix. Masih memungkinkan berubah," ujarnya.

Lorensius menyampaikan, dengan diadakannya debat masyarakat dapat melihat sendiri sudut pandang empat paslon dalam memecahkan masalah maupun menjawab harapan masyarakat Simalungun.

"Di sini masyarakat akan melihat sendiri bagaimana perspektif paslon. Debat pertama dan debat kedua masing-masing ada lima panelis dari beberapa perguruan tinggi, seperti UH Nommensen, USI, USU, UMSU, UISU dan ada beberapa lagi yang lain," pungkasnya.

Empat pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun yang akan bersaing adalah ( Nomor Urut 1) Pasangan Radiapoh Hasiolan Sinaga - Zonny Waldi (RHS-ZW) yang didukung Partai Golkar, Partai Berkarya, Partai PKS, Hanura dan Perindo. (2) Muhajidin Nur Hasim - Tumpak Siregar (HASIM-TPS) yang didukung Partai Demokrat, dan Partai Gerindra.

Selanjutnya (3) Pasangan Wagner Damanik - Abidinsyah Saragih (WD-BISA) sebagai calon perseorangan dan terakhir (4) Anton Achmad Saragih - Rospita Sitorus (HARUS). Pasangan ini didukung PDI-P, Nasdem, dan PAN.(alj/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved