Breaking News:

37 Hari Jelang Pilkada di Sumut

KPUD Karo Tekankan Pemeliharaan APK Tanggung Jawab Paslon

KPUD Karo, kembali mengingatkan kepada seluruh Pasangan Calon (Paslon) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk selalu menaati segala peraturan

TRIBUN MEDAN/M NASRUL
Komisioner KPUD Karo Divisi sosialisasi partisipasi masyarakat dan SDM Dewi Afriany Susanti 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo, kembali mengingatkan kepada seluruh Pasangan Calon (Paslon) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk selalu menaati segala peraturan Pilkada.

Salah satu peraturan dan kewajiban dari Paslon, ialah menjaga ketertiban di masa kampanye termasuk menjaga Alat Peraga Kampanye (APK) yang telah difasilitasi.

Diketahui, seluruh tim Paslon telah mendapatkan masing-masing APK dan bahan kampanye yang telah difasilitasi oleh KPUD Karo. Selanjutnya, perihal pemasangan hingga pemeliharaannya sudah merupakan tanggung jawab dari seluruh Paslon dan timnya.

"Jadi untuk APK memang sudah ada yang disediakan oleh KPU. Tapi untuk pemasangan sampai pemeliharaannya itu, sudah tanggung jawab dari Paslon," ujar Komisioner KPUD Karo Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan SDM Dewi Afriany Susanti, Senin (2/11/2020).

Dewi menjelaskan, di masa pandemi ini memang untuk urusan kampanye dilakukan sangat jauh berbeda dari sebelumnya. Dengan dilarangnya pertemuan massa dalam jumlah besar, tentunya APK merupakan hal yang sangat membantu Paslon dalam memperkenalkan dirinya kepada publik untuk maju menjadi pemimpin di suatu daerah.

Dengan kondisi ini, Dewi meminta kepada seluruh Paslon agar benar-benar menjaga ketertiban dan fasilitas yang telah disediakan. Terlebih, untuk menjaga keutuhan dan kondisi APK juga berbanding lurus dengan tata kota. Untuk itu, dirinya sangat berharap kepada Paslon untuk menjaga kenyamanan saat masa kampanye ini.

"Ya pastinya kalau rusak, itu juga tanggung jawab dari Paslon apakah mencopot atau menggantinya. Nah kewajiban menjaga APK ini, dilakukan sampai nanti masuk masa tenang," katanya.

Dewi menjelaskan, untuk masa tenang sendiri nantinya proses penurunan dan pembersihan semalam macam bentuk alat kampanye juga merupakan tanggung jawab Paslon.

Pada masa tenang nantinya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan pemerintah daerah juga memiliki tugas untuk melakukan pembersihan.

Namun begitu, dirinya tetap meminta kepada Paslon dan timnya agar juga memiliki kesadaran untuk melakukan pembersihan secara mandiri.

"Ya memang nanti pas masa tenang itu dari Bawaslu dan Pemkab berhak untuk melakukan pembersihan. Tapi kita juga tetap ingatkan jika Paslon memiliki tanggung jawab unik memelihara dan membersihkan alat kampanye hingga batas yang telah ditentukan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Dewi mengatakan pihaknya meminta kepada seluruh Paslon dan masyarakat untuk sama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan selama proses Pilkada.

(cr4/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved