Breaking News:

Pemkab Deli Serdang Harap DPRD Segera Bahas dan Sahkan Tiga Raperda Baru

Tiga Raperda yang dimaksud membahas Penyelenggaraan Kearsipan, Perlindungan Anak, serta Pengelolaan Sampah.

Penulis: Inadha Rahma Nidya | Editor: Mikhael Gewati (CM)
DOK. Humas Pemkab Deli Serdang
Wakil Bupati Deli Serdang HM. Ali Yusuf Siregar, saat menghadiri Sidang Paripurna di Ruang Sidang Paripurna Kantor DPRD Deli Serdang, Senin (2/11/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang berharap, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Deli Serdang segera membahas dan mengesahkan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) baru agar dapat dilaksanakan secepatnya.

Sebagai informasi, pada Sidang Paripurna di Ruang Sidang Paripurna Kantor DPRD Deli Serdang, Senin (2/11/2020), Wakil Bupati Deli Serdang HM. Ali Yusuf Siregar menyampaikan tiga Raperda mengenai Penyelenggaraan Kearsipan, Perlindungan Anak, serta Pengelolaan Sampah. 

Terkait Raperda Penyelenggaraan Kearsipan, Ali mengatakan, diperlukan sebagai upaya menjamin ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya, alat bukti yang sah, dokumen monumental, identitas dan jati diri daerah, serta bahan pengambilan kebijakan, pembangunan, dan pertanggungjawaban dalam kehidupan bermasyarakat di Kabupaten Deli Serdang

Tak hanya itu, Raperda Penyelenggaraan Kearsipan juga dibuat dalam rangka menjamin penyelamatan arsip sebagai sumber informasi, mendukung penyelenggaraan administrasi pemerintah di daerah guna mendukung hak-hak keperdataan, peningkatan kualitas pelayanan publik, serta pertanggungjawaban daerah secara  komprehensif, terpadu dan berkesinambungan.

Kemudian terkait Raperda Perlindungan Anak, Ali mengatakan, hal tersebut penting karena anak merupakan amanah Tuhan Yang Maha Esa (YME).

Hal tersebut membuat di dalam diri anak melekat harkat dan martabat manusia seutuhnya, termasuk hak asasi manusia (HAM) yang wajib dihormati, dilindungi, dipenuhi, serta dimajukan pemerintah, masyarakat, dan keluarga.

Sementara itu, Raperda tentang Pengelolaan Sampah dibuat karena pertambahan penduduk dan perubahan pola konsumsi masyarakat menimbulkan bertambahnya volume, jenis dan karakteristik sampah.

Padahal, selama ini pengelolaan sampah belum sesuai dengan metode dan teknik pengelolaan yang berwawasan lingkungan.

“Agar terwujud Kabupaten Deli Serdang yang sehat dan bersih, perlu dilakukan pengelolaan sampah secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir,” kata Ali, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved