Breaking News:

Dinas Pariwisata Simalungun Soroti Bukit Indah Simarjarunjung yang Kian Populer

Ada peningkatan wisatawan di sejumlah objek wisata di Kabupaten Simalungun, khususnya yang berada di bibir Danau Toba, pada libur panjang kemarin.

TRIBUN MEDAN/M ANIL
PENGUNJUNG berfoto di sebuah wahana yang ekstrim di Bukit Indah Simarjarunjung. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Alija Magribi

TRIBUN-MEDAN.com, RAYA - Libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW pada 28 Oktober 2020 - 1 November 2020 membuat peningkatan wisatawan di sejumlah objek wisata di Kabupaten Simalungun, khususnya yang berada di bibir Danau Toba.

Kunjungan tertinggi tersebut menurut catatan Dinas Pariwisata Kabupaten Simalungun ada di Parapat dan Bukit Indah Simarjarunjung.

Meski tak terlalu signifikan setidaknya pariwisata Simalungun kembali bergerak membaik di masa pandemi Covid-19.

"Ada peningkatan, namun tidak signifikan dari biasanya. Dua objek wisata itu di Parapat dan Bukit Indah Simarjarunjung (BIS)," ujar Kadis Pariwisata Kabupaten Simalungun Resman Saragih, Rabu (4/11/2020) sore.

Dalam catatan Dispar Simalungun, wisatawan di Bukit Indah Simarjarunjung 5.666 orang, Parapat ada 5.301 orang, Pantai Paris, Ardana, Bukit Hoda (Tigaras) 4.320 orang, Bah Damanik Sarimatondang 3.600, dan Aek Nauli Elephant Conservation Camp 1.032 orang.

Selanjutnya kunjungan wisatawan yang lebih rendah ada di Pemandian Alam Sejuk (PAS) 350 orang, Bah Biak (Sidamanik) 200 orang, Karang Anyer 167 orang, dan Rumah Bolon (Purba), 20 orang. Totalnya 20652 orang wisatawan selama libur cuti bersama, Maulid Nabi Muhammad SAW dan Weekend.

"Khusus perhitungan Parapat itu sumber data dari Hotel dan Restauran. Kalau kunjungan pribadi, atau singgah itu nggak dihitung. Tidak seperti kunjungan sebentar di BIS atau spot lainnya yang tidak perlu menginap," kata Resman.

Resman mengapungkan harapannya agar pariwisata kembali bergeliat di bawah pedoman protokol kesehatan, kenyamanan dan keamanan wisatawan.

Satu yang disoroti adalah Bukit Indah Simarjarunjung (BIS) di Kecamatan Dolok Pardamean yang paling populer saat ini.

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved