Breaking News:

Aktivitas Gunung Sinabung Terus Fluktuatif, Masyarakat Diingatkan Waspadai Guguran Lava

Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, hingga saat ini aktivitasnya terpantau masih terus mengalami perubahan atau fluktuatif.

TRIBUN MEDAN / M NASRUL
Gunung Sinabung luncurkan awan panas guguran sejauh kurang lebih 2500 meter ke arah Timur-Tenggara, Jumat (30/10/2020) pekan lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, hingga saat ini aktivitasnya terpantau masih terus mengalami perubahan atau fluktuatif.

Aktivitas vulkanik dari dalam perut gunung, juga terpantau sewaktu-waktu menunjukkan perubahan yang tidak dapat diprediksi.

Berdasarkan data yang dicatat dari alat pendeteksi getaran (seismic) milik Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Sinabung, aktivitas kegempaan dari dalam gunung juga cukup tinggi.

Dari aktivitas kegempaan yang cukup tinggi, salah satunya yang saat ini terus mengalami peningkatan ialah kegempaan guguran.

Berdasarkan catatan yang didapat dari Pos PGA Sinabung, aktivitas kegempaan guguran untuk satu hari ini saja tak kurang dari 10 kali.

Dari kegempaan ini, tercatat mengalami getaran dengan amplitudo maksimum tiga hingga sembilan mm, dengan durasi 24 hingga 40 detik.

Berdasarkan keterangan dari salah satu pengamat Gunung Sinabung Armen Putra, menjelaskan jika aktivitas Sinabung hingga saat ini memang masih terus mengalami perubahan.

Ia menyebutkan, pasokan magma dari dalam perut gunung juga tercatat masih terus terjadi dan tidak bisa diprediksi jumlahnya.

"Aktivitas Sinabung masih terus fluktuatif dan dapat terus berubah. Aktivitas kegempaan guguran juga masih terus ada," ujar Armen, Jumat (6/11/2020).

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved