Breaking News:

Penanganan Covid

Bukan Hanya Pasar Rakyat, Satgas Covid-19 Toba Gencar Imbau Wisatawan Agar Taati Prokes

Satgas Covid-19 Kabupaten Toba memberikan pengawasan ekstra di pasar-pasar tradisional untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Maurits / Tribun Medan
Suasana Kota Balige pada hari pekan pada Jumat (6/11/2020). Masyarakat yang datang dan pedangang menggunakan masker. 

TRIBUN-MEDAN.com, TOBA - Satgas Covid-19 Kabupaten Toba memberikan pengawasan ekstra di pasar-pasar tradisional untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Selain itu, Satgas melakukan pemantauan terhadap para pengunjung ataupun wisatawan yang datang ke kawasan Danau Toba di Kabupaten Toba.

Daerah Toba hingga saat ini menjadi primadona bagi para wisatawan yang datang dari luar Kabupaten Toba, bahkan dari luar Sumatera.

"Di luar itu pun, kita sebagai petugas penanganan penyebaran Covid-19 masuk juga seperti tempat-tempat wisata. Karena memang Kabupaten Toba tidak dapat menutup diri dari kunjungan wisatawan-wisatawan," ujar Harianto Butarbutar, Kepala Bidang Perundang-undangan Daerah Satpol PP Kabupaten Toba saat ditemui Tribunmedan.com di kawasan Pasar Rakyat Balige, Jumat (6/11/2020).

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, Satgas Covid-19 Toba tetap menyampaikan kepada masyarakat perihal pentingnya pelaksanaan protokol kesehatan atau yang lebih sering dikenal program 3 M; Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak.

"Dengan itu, kita tetap mengimbau kepada pelaku usaha agar tetap melakukan protokol kesehatan dengan menyiapkan tempat cuci tangan dan sabun kepada pengunjung agar tetap dilaksanakan dengan mengenakan masker, dan menjaga jarak," sambungnya.

Terkait kegiatan sosialisasi prokes dan penindakan pelanggaran bagi pengendara dan pejalan kaki di kawasan Pasar Rakyat Pardede Onan Balige, dia juga menambahkan bahwa kegiatan tersebut berdasarkan Peraturan Bupati.

"Kegiatan yang kita laksanakan hari ini, sesuai dengan terbitnya Peraturan Bupati Nomor 43 Tahun 2020 dalam rangka untuk memerangi penyebaran Covid-19," lanjutnya.

"Jadi pada saat seperti ini kebetulan pasar rakyat (onan) dilaksanakan di Balige, kita bersama-sama petugas dari Balige yakni Kepolisian, TNI, Kejaksaan dan Kehakiman, dan Satpol PP melaksanakan tindakan secara bersama-sama untuk menghimbau masyarakat agar masyarakat mengetahui protokol kesehatan untuk tetap menjaga diri, memakai masker, menghindarkan diri dari keramaian," sambungnya.

Bukan hanya di Balige, spot keramaian di kecamatan lain pun tetap menjadi sasaran Satgas Covid-19 Kabupaten Toba.

Halaman
12
Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved