Breaking News:

Cegah Duplikasi Lingkungan, Pemkot Medan Gelar Webinar Tata Ruang

Webinar Tata Ruang digelar Pemkot Medan melalui Dinas PKPPR untuk mencegah duplikasi di lingkungan yang membutuhkan keterangan tata ruang.

Dok. Humas Pemkot Medan
Suasana Webinar Tata Ruang dengan tema Implikasi Omnibus Law Terhadap Penata Ruang di Kota Medan di Ruang Command Center Balai Kota Medan, Kamis (5/11/2020) dengan menghadirkan tiga narasumber. 

TRIBUN-MEDAN.com - Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Penataan Ruang (PKPPR) Kota Medan menggelar Web Seminar (Webinar) Tata Ruang dengan tema Implikasi Omnibus Law Terhadap Penata Ruang di Kota Medan

Acara webinar tersebut diselenggarakan di Ruang Command Center Balai Kota Medan, Kamis (5/11/2020) dengan menghadirkan tiga narasumber.

Adapun tiga narasumber tersebut yakni Direktur Jendral (Dirjen) Penataan Agraria Kementrian Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia (RI) Andi Tenrisau, Ketua Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI) Iwan Rudianto dan Andis Marwata.

Dalam acara itu, Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho menyambut baik digelarnya webinar tersebut.

Arief menilai, webinar itu harus dilakukan karena banyak sekali duplikasi di lingkungan yang membutuhkan keterangan tata ruang.

Di samping itu, menurut Arief, tata ruang Izin Mendirikan Bangunan (IMB) membutuhkan Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL-UPL).

“Kondisi itu menyebabkan terhambatnya investasi, sehingga Indonesia turun menjadi ranking 79 dunia," kata Arief seperti dalam keterangan tertulisnya.

Oleh karenanya, Arief menilai, kebijakan itu perlu disambut dengan rancangan undang undang jasa konstruksi (RUUJK).

"Namun, hal tersebut jangan sampai merusak lingkungan dan merusak pusat kota," tutur Arief.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) PKPPR Kota Medan, Benny Iskandar dalam laporannya menjelaskan, webinar ini digelar dalam rangka persiapan menyambut Hari Tata Ruang Nasional.

Halaman
12
Penulis: Maria Arimbi Haryas Prabawanti
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved