Breaking News:

Garda Terdepan Pemutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19 adalah Masyarakat

Kepatuhan masyarakat dalam mengikuti protokol kesehatan menjadi kunci berakhirnya Covid-19.

DOK. Humas Pemerintah Kota Medan
Sosialisasi Perwal Nomor 27/2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pada Kondisi Pandemi Covid-19, di Posko Gugus Tugas Covid-19, Gedung Serba Guna Dharma Wanita, Medan Petisah, Kamis (5/11/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Medan, Mardohar Tambunan mengatakan, garda terdepan pemutus mata rantai penyebaran Covid-19 bukanlah pemerintah atau petugas tenaga kesehatan, melainkan masyarakat.

Pasalnya, kepatuhan masyarakat dalam mengikuti protokol kesehatan menjadi kunci berakhirnya Covid-19.

“Kunci memutus mata rantai penyebaran Covid-19 terletak di tangan kita. Caranya, berkomitmen mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas. Jika kita disiplin, angka kasus dapat diminimalkan,” kata Mardohar, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Hal tersebut dikatakan Mardohar, dalam Sosialisasi Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 27/2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pada Kondisi Pandemi Covid-19, di Posko Gugus Tugas Covid-19, Gedung Serba Guna Dharma Wanita, Medan Petisah, Kamis (5/11/2020).

Di hadapan para lurah, kepala lingkungan (kepling), anggota karang taruna, serta pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) Kecamatan Medan Denai yang menjadi peserta sosialisasi, Mardohar juga memaparkan empat kecamatan di Kota Medan yang memiliki angka kasus tertinggi.

“Saat ini, Kecamatan Medan Johor, Helvetia, Sunggal, dan Selayang menunjukkan grafik angka kasus yang tinggi. Namun, masyarakat di kecamatan lain harus tetap waspada dan senantiasa menjaga diri dari kemungkinan paparan Covid-19,” ungkapnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Mardohar mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan telah melakukan banyak upaya.

“Langkah-langkah preventif telah kami lakukan. Salah satunya dengan menerbitkan Perwal Nomor 27/2020. Seluruh kegiatan tentu bertujuan untuk menyelamatkan masyarakat,” jelasnya.

Mardohar pun berpesan dan mengingatkan masyarakat yang merasakan gejala awal indikasi Covid-19, untuk sesegera mungkin memeriksakan diri ke layanan kesehatan.

“Jangan takut memeriksakan diri. Sebab jika mengetahui lebih awal, maka penanganan dapat dilakukan lebih cepat dan menghindari penularan ke orang lain,” kata Mardohar.

Tags
Covid-19
Penulis: Inadha Rahma Nidya
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved