Breaking News:

Resmi Dilantik, Prof Syahrin Harahap Jabat Rektor UINSU Periode 2020-2024

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) kini sudah memiliki rektor baru.

TRIBUN MEDAN / HO
Pelantikan rektor terpilih UINSU, Prof Dr Syahrin Harahap, MA di Kantor Kemenag di Jakarta, Jumat (6/11/2020). 

Tribun-Medan.com, Medan - Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) kini sudah memiliki rektor baru.

Prof Dr Syahrin Harahap, MA secara resmi dilantik dan dikukuhkan oleh Menteri Agama RI Fachrul Razi menjabat sebagai Rektor UINSU dengan masa jabatan 2020-2024 di Kantor Kemenag di Jakarta, Jumat (6/11/2020).

Kasubbag Humas dan Informasi UIN SU Yunni Salma mengungkapkan bahwa proses pelantikan rektor baru ini sudah dimulai sejak April lalu dengan beragam tahap dan mekanisme pemilihan.

Diketahui, Prof Syahrin dipilih dan ditetapkan dari empat calon lainnya yaitu Prof Dr Saidurrahman, MAg, Prof Dr Amroeni Drajat, MAg, Prof Dr Abdul dan Prof Dr Faisar Ananda.

Menteri Agama Fachrul Razi menuturkan bahwa jabatan rektor dan ketua pada Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKIN) tidak semata adalah tugas tambahan bagi seorang pemangku jabatan fungsional dosen negeri.

"Saudara-saudara harus ingat bahwa tugas dan tanggung jawab memimpin perguruan tinggi sama sekali bukanlah tugas sambilan.

Saudara-saudara harus fokus dan mencurahkan segala kemampuan, tenaga, waktu dan pikiran untuk memimpin dan memajukan perguruan tinggi keagamaan negeri,” ujar Fahrul Razi.

Pergantian rektor baru ini juga turut mendapatkan sambutan positif dari para mahasiswa UINSU, diantaranya Firda Wardani, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) saat pergantian rektor baru.

"Alhamdulillah, semoga rektor baru ini dapat membawa UINSU lebih maju lah. Lebih diperhatikan mengenai fasilitas kita sebagai mahasiswa nantinya ketika perkuliahan sudah berjalan. Semoga juga ada bantuan lain selama pandemi ini untuk belajar daring," tutur Firda.

Hal senada juga diungkapkan Rizka Khairul, mahasiswa Fakultas Tarbiyah yang berharap penuh ada perbaikan UINSU lebih baik lagi.

"Tentu rektor baru ini punya tanggung jawab yang harus dikerjakan saat diamanahkan ya. Kita berharapnya bisa diperbaiki segala fasilitas yang belum pernah dipenuhi saat periode lalu. Ya, semoga bisa jaya lagi lah kedepannya," pungkas Rizka.

(cr13/tribun-medan.com)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved