Breaking News:

Penanganan Covid

Rumitnya Proses Pembuatan Vaksin Covid-19, Harus Aman dan Efektif

Saat ini dunia juga mampu mengeliminasi campak dan polio, termasuk di Indonesia melalui vaksin sehingga sekarang terbebas dari polio.

yonhap
Warga Korea Selatan menjalani vaksinasi massal flu di Seoul, 19 Oktober 2020. 

TRIBUN-MEDAN.com - Vaksinolog sekaligus Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc, Sp.PD mengatakan, dalam proses pembuatan vaksin merupakan proses bioteknologi yang rumit.

Pada awalnya peneliti atau pembuat vaksin menentukan bibit vaksin.

Kedua saat sudah mendapat kandidat vaksin yang tepat, kemudian diujikan kepada hewan untuk mengetahui keamanan dan efektivitasnya.

Ketika pada hewan terbukti aman dan efektif, maka barulah diuji cobakan pada manusia yang dikenal sebagai uji klinik Fase I, II, dan III.

“Tujuan dari proses uji klinik ini adalah, memastikan keamanan vaksin yang diuji, karena kalau kita bicara soal vaksin tidak ada tawar menawar tentang keamanan, itu mutlak. Kedua baru kita bicara tentang efektivitas,” terang dr. Dirga dalam acara Dialog Produktif bertema Vaksin : Intervensi Kesehatan Masyarakat yang Efektif dan Aman, yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), beberapa waktu lalu.

Ia menuturkan, vaksin adalah salah satu pencegahan infeksi yang efektif karena sifatnya mampu melindungi secara spesifik.

Satu bukti kesuksesan vaksin adalah hilangnya penyakit smallpox (variola) sejak tahun 1900-an, di mana dahulu 1 dari 3 penderita penyakit smallpox meninggal dunia.

Saat ini dunia juga mampu mengeliminasi campak dan polio, termasuk di Indonesia melalui vaksin sehingga sekarang terbebas dari polio.

Pemerintah ujar dia, berencana untuk menghadirkan dan memproduksi vaksin

Covid-19 di Indonesia, untuk menghentikan penyebaran, menurunkan kesakitan dan kematian akibat Covid-19.

Halaman
12
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved