Breaking News:

Hadapi Bencana Alam, Pjs Wali Kota Medan Minta Semua Pihak Tingkatkan Koordinasi

Kemungkinan bencana bisa saja terjadi mengingat Indonesia terletak di kawasan Pasific Ring Of Fire (cincin api pasifik).

Dok. Humas Pemkot Medan
Pjs Wali Kota Medan, Arief Sudarto saat Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam dan Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Wilayah Hukum Polrestabes Medan, di Halaman Mapolrestabes Medan, Jalan HM Said Medan, Kecamatan Medan Timur, Senin (9/11/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho mengajak seluruh pihak meningkatkan koordinasi guna menghadapi kemungkinan terjadinya bencana di Kota Medan.

Hal itu disampaikan Arief ketika memimpin Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam dan Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Wilayah Hukum Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Medan.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Halaman Markas Kepolisian Resor Kota Besar  (Mapolrestabes) Medan, Jalan HM Said Medan, Kecamatan Medan Timur, Senin (9/11/2020).

"Antisipasi terjadinya bencana itu diperlukan mengingat saat ini, Indonesia tengah mengalami cuaca yang cukup ekstrim," kata Arief.

Terlebih, menurut Arief, kemungkinan bencana bisa saja terjadi mengingat Indonesia terletak di kawasan Pasific Ring Of Fire (cincin api pasifik) atau berada dalam jalur gempa teraktif di dunia.

 "Tentu tidak ada yang mengingingkan datangnya bencana. Namun, jika disiapkan bersama, maka semua akan tanggap dalam menghadapi dan menanggulanginya," ungkapnya optimis.

Arief mengungkapkan, kesiapan yang matang dibutuhkan dalam menjaga kekondusifan Kota Medan pada suasana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan periode 2021 hingga 2024.

Ia pun mengingatkan tiga pilar pemerintahan, yakni Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan aparatur pemerintahan agar menjaga netralitas dengan tidak ikut dalam politik praktis.

"Antisipasi harus semua kondisi, karena Kota Medan harus tetap berada dalam suasana dan situasi yang nyaman terkendali," pesan Arief seperti dalam keterangan tertulisnya.

Usai apel, Arief bersama Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Medan dan Komandan Kodim (Dandim) 0201/BS mengecek seluruh kesiapan yang digunakan dalam rangka penanganan bencana alam dan pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020.

Penulis: Maria Arimbi Haryas Prabawanti
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved