Breaking News:

Lurah dan Kepling Harus Contohkan Disiplin Penerapan Protokol Kesehatan

Masyarakat harus memakai masker, rajin mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer, serta menjaga jarak.

DOK. Humas Pemerintah Kota Medan
Sosialisasi Perwal Nomor 27 tahun 2020 kepada lurah dan kepling di Kecamatan Medan Labuhan, Senin (9/11/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan gencar menyosialisasikan Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 27 tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pada Kondisi Pandemi Covid 19 di Kota Medan.

Pada Senin (9/11/2020), giliran lurah dan kepala lingkungan (kepling) di Kecamatan Medan Labuhan yang mendapat sosialisasi tersebut.

Sosialisasi dipimpin Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan Fahrudin, didampingi Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Medan Labuhan Indra, di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Gedung TP PKK Kota Medan.

Pada kesempatan tersebut, Indra mengatakan, Kecamatan Medan Labuhan telah melakukan beberapa upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

Upaya yang dimaksud adalah penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga, membagikan masker dan menyosialisasikan protokol kesehatan kepada warga, serta menyediakan tempat cuci tangan di kantor lurah, tempat ibadah, dan fasilitas umum.

Selanjutnya, bekerja sama dengan instansi terkait untuk melaksanakan razia masker, sosialisasi protokol kesehatan di keramaian, serta melaksanakan posko kewaspadaan di kantor camat dan kelurahan.

“Sebagai lurah dan kepling, marilah menjadi contoh bagi warga dalam menjalankan protokol kesehatan agar mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Medan terputus,” kata Indra, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, Fahrudin mengungkapkan, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 adalah dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Dia pun mengajak seluruh stakeholder Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan untuk mengingatkan sekaligus mengajak orang di sekitar melakukan hal tersebut.

“Ini sangat perlu dilakukan agar masyarakat disiplin dan sadar akan bahaya Covid-19,” kata Fahrudin, mewakili Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho.

Sebelumnya, Kepala Seksi (Kasi) Layanan dan Pemanfaatan Sistem Informasi Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan Zulfadly Simamora telah menyosialisasikan Perwal Nomor 27 tahun 2020.

Saat sosialisasi, Zulfady mengatakan, pada masa pandemi Covid-19 ini semua orang harus menjalankan protokol kesehatan sebagai adaptasi kebiasaan baru untuk meminimalkan penyebaran penularan.

Adapun adaptasi kebiasaan baru lain yang harus dilakukan adalah memakai masker, rajin mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer, serta menjaga jarak antara satu sama lain.

“Selain protokol kesehatan, kita juga harus menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat dengan memperhatikan konsumsi makanan. Mari ingatkan semua orang untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan agar mata rantai penyebaran Covid 19 ini segera terputus,” jelas Zulfadly.

Penulis: Inadha Rahma Nidya
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved