Breaking News:

TRIBUN-MEDAN-WIKI: Menelisik Wisata Alam Tangkahan Langkat, Bekas Surganya Pembalakan Liar

Bentang alam kawasan Tangkahan merupakan perpaduan hutan alami dan areal perkebunan, pedesaan, sungai, bukit, tebing, goa-goa alam dan lembah.

TRIBUN MEDAN/AQMARUL
PENGUNJUNG berswafoto dengan Gajah Sumatera yang dikonservasi di Tangkahan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. 

Laporan Reporter Tribun Medan/Aqmarul Akhyar

TRIBUN-MEDAN-WIKI.com - Sumatera Utara (Sumut)memiliki destinasi wisata alam yang seksi dan eksotis. Satu di antaranya Tangkahan yang terletak pada zona pemanfaatan Taman Nasional Gunung Leuser.

Berdasarkan data yang dikutip dari laman Taman Nasional Gunung Leuser, Tangkahan memiliki luas area 3.837,77 hektare (Ha).

Zona pemanfaatan Tangkahan secara pengelolaan Taman Nasional masuk ke dalam dua wilayah Resor. Yakni, Resor Tangkahan dan Resor Cinta Raja, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah VI Besitang, Bidang Pengelolaan Taman Nasional (BPTN) Wilayah III Stabat.

Lokasi ini berada di Desa Namo Sialang dan Desa Sei Serdang Kecamatan Batang Serangan Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara.

Bentang alam kawasan Tangkahan merupakan perpaduan hutan alami dan areal perkebunan, pedesaan, sungai, bukit, tebing, goa-goa alam dan lembah.

Hal-hal bernuansa alami itulah yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

Titi Gantung Nini Galang, di kawasan Ekowisata Penangkaran Gajah Tangkahan, Dusun Kwalabuluh, Desa Namosialang, Kecamatan Batangserangan, Kabupaten Langkat.
Titi Gantung Nini Galang, di kawasan Ekowisata Penangkaran Gajah Tangkahan, Dusun Kwalabuluh, Desa Namosialang, Kecamatan Batangserangan, Kabupaten Langkat. (TRIBUN MEDAN / ist)

Kawasan Tangkahan terletak di pertemuan dua sungai yaitu Sungai Buluh dan Sungai Batang Serangan yang kemudian mengalir ke hilir dan bertemu Sungai Musam.

Sungai Batang Serangan mengalir membelah Sungai Tanjung Pura sebelum sampai ke Pantai Timur Sumatera.

Beberapa potensi unggulan di kawasan ini diantaranya adanya sumber air panas, air terjun, goa-goa alam dan tebing.

Halaman
123
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved