Breaking News:

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Cek Kesiapan Mitigasi ke Pos PGA Sinabung

Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Eko Budi Lenolo, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Karo.

Tribun-Medan.com/Muhammad Nasrul
Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM RI Eko Budi Lenolo (memakai masker putih) , melakukan pengecekan kesiapan mitigasi Gunungapi Sinabung ke pos PGA Sinabung, Jalan Kiras Bangun, Simpangempat, Rabu (11/11/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.com, SIMPANGEMPAT - Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Eko Budi Lenolo, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Karo.

Pada kunjungannya kali ini, Eko bersama tim melakukan pemantauan ke Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Sinabung, Jalan Kiras Bangun, Simpangempat.

Eko menjelaskan, pada kunjungannya kali ini ia ingin melihat dan mengecek secara langsung bagaimana proses pemantauan terhadap Gunung Sinabung. Dirinya menyebutkan, adapun poin penting dalam kunjungannya ini ialah mengecek kesiapan peralatan dan petugas yang ada di pos PGA Sinabung.

"Kami datang ke sini untuk melihat bagian kesiapan kita dalam memitigasi bencana khususnya di sini ada Sinabung. Saya juga tadi ingin melihat bagaimana kondisi peralatan dan petugas yang ada di sini," ujar Eko, Rabu (11/11/2020).

Eko menjelaskan, peralatan yang berfungsi baik serta petugas yang mumpuni tentunya dapat melakukan pendeteksian atau memitigasi bencana dengan baik.

Dirinya mengatakan, dengan lancarnya proses mitigasi dari tim tanggap darurat yang saat ini juga disiapkan di pos ini nantinya dapat memetakan seperti apa kondisi Sinabung ke depannya, sehingga dapat meminimalisasi adanya hal yang tidak diinginkan.

"Sehingga dengan adanya tim yang melakukan pemantauan di sini, bisa memodelkan bagaimana kondisi Sinabung ke depannya. Misalnya ada guguran atau awan panas, bisa dapat memetakan zona-zona bahaya yang ditimbulkan dari aktivitas vulkanik pada Gunung Sinabung," katanya.

Lebih lanjut, selain pemantauan di internal petugas dan peralatan dirinya juga sempat melakukan pengecekan seperti apa koordinasi yang dilakukan oleh tim kepada instansi terkait.

Dirinya mengatakan, dengan adanya koordinasi yang baik seperti ke Pemerintah Daerah (Pemda) setempat dan instansi lainnya baik TNI maupun Polri, tentunya akan dapat memudahkan sosialisasi maupun koordinasi lainnya.

"Sehingga kami harapkan dengan adanya koordinasi dengan pihak terkait semakin erat, dan sosialisasi kepada masyarakat juga tetap dilakukan. Sehingga, harapan ke depannya dengan koordinasi yang baik ini dapat mencegah timbulnya korban jika nantinya ada bencana Gunung Sinabung," katanya.

Usai melakukan kunjungan, dirinya mengatakan jika ia melihat koordinasi dari pihak pos PGA Sinabung sudah cukup baik. Salah satu hal yang rutin yang selalu dilakukan ialah, memberikan informasi kepada instansi terkait mengenai perkembangan aktivitas Gunung Sinabung per enam jam sekali.

Lebih lanjut, Eko menjelaskan dengan semua potensi yang dimiliki oleh pos PGA Sinabung ini dirinya yakin proses mitigasi dari gunung api ini akan berlangsung baik.

Terlebih, setelah mendapatkan pemaparan dari pihak pos, dirinya mengetahui jika alat pendeteksi getaran sudah dipasang di beberapa titik. Sehingga, segala pergerakan dari gunung akan dapat terdeteksi dengan baik.

(cr4/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved