Breaking News:

Peringati Hari Pahlawan, Pjs Wali Kota Medan Ikut Upacara Ziarah Nasional secara Virtual

Arief mengatakan, 10 November selalu mengingatkannya pada momen paling bersejarah dalam kemerdekaan Indonesia, yaitu pertempuran di Surabaya.

DOK. Humas Pemerintah Kota Medan
Pjs Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho, saat mengikuti Upacara Ziarah Nasional secara virtual, dari Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Selasa (10/11/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho, mengikuti Upacara Ziarah Nasional secara virtual, dari Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Selasa (10/11/2020).

Upacara yang juga diikuti Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, Panglima Kodam I/Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI Irwansyah, serta unsur Forkopimda Sumut itu diharapkan menjadi momentum untuk lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan.

Arief mengatakan, 10 November selalu mengingatkannya pada momen paling bersejarah dalam kemerdekaan Indonesia, yaitu pertempuran di Surabaya.

“Peristiwa tersebut mengingatkan bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidak datang begitu saja, tapi memerlukan perjuangan dan pengorbanan dari para pendahulu negeri," kata Arief, seperti dalam keterangan tertulisnya.

"Perjuangan tersebut harus ditumbuhkembangkan dalam hati sanubari warga negara Indonesia,” ujar Arief.

Upacara yang digelar di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata Jakarta Selatan dan diikuti Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai inspektur tersebut berlangsung lancar, khidmat, serta menerapkan protokol kesehatan.

Adapun rincian acarannya adalah, tepat pukul 08:00 WIB upacara dimulai dan dibuka dengan mengenang pertempuran 10 November di Surabaya.

Kemudian, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga oleh Jokowi, dan mendoakan arwah para pahlawan.

Gelar Pahlawan Nasional 

Pada kesempatan tersebut, Jokowi memberi gelar anugerah Pahlawan Nasional kepada Sutan Mohammad (SM) Amin Nasution.

Halaman
12
Penulis: Inadha Rahma Nidya
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved