Breaking News:

Pjs Wali Kota Medan Minta Semua Pihak Siapsiaga Hadapi Bencana Alam

Pjs Wali Kota Medan mengajak semua pihak meningkatkan kewaspadaan agar risiko dan dampak bencana alam dapat diminimalkan.

DOK. Humas Pemkot Medan
Pjs Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho ketika memimpin Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Wilayah Hukum Kepolisian Resor (Polres) Pelabuhan Belawan, Rabu (11/11/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com – Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho berpesan agar seluruh pihak dapat membangun kesiapsiagaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana di Kota Medan.

Dengan demikian, risiko dan dampak yang diakibatkan mampu diminimalkan serta ditanggulangi dengan secepat mungkin.

"Jika kita melakukan kesiapsiagaan sejak dini, insyaallah, bencana yang terjadi dapat kita tanggulangi bersama," katanya ketika memimpin Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Wilayah Hukum Kepolisian Resor (Polres) Pelabuhan Belawan, Rabu (11/11/2020).

Dalam kegiatan yang digelar di Halaman Mapolres Pelabuhan Belawan, Jalan Raya Pelabuhan Belawan, Kecamatan Medan Belawan tersebut, Arief mengatakan, bencana bisa terjadi kapan dan di mana saja.

Apalagi, Indonesia berada dalam ringkaian pasific ring of fire atau cincin api pasifik sehingga bencana sewaktu-waktu bisa saja terjadi di Tanah Air.

"Selain karena faktor alam, bencana bisa juga terjadi karena ulah perilaku manusia. Maka dari itu, tugas kita bersama adalah menjaga kelestarian alam agar tidak rusak," pesannya seperti keterangan tertulisnya.

Selanjutnya, Arief  menyoroti salah satu musibah yang terjadi di wilayah Hukum Polres Pelabuhan Belawan, yakni banjir rob.

Menurutnya banjir tersebut bisa diminimalkan bila sistem dan kepedulian masyarakat lebih ditingkatkan.

"Namun, kita semua pasti tidak ada yang menginginkan bencana terjadi. Tugas kita adalah membangun kesiapsiagaan," jelasnya kepada personil gabungan dari berbagai unsur.

Unsur tersebut, yakni Tentara Nasional Indonesia-Kepolisian Republik Indonesia, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

Halaman
12
Penulis: Inang Jalaludin Shofihara
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved