Breaking News:

BPBD Kota Medan Ajak Kepling Lebih Aktif Sosialisasikan Perwal Nomor 27 Tahun 2020

BPBD Kota Medan mengajak kepling menyosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat.

DOK. Humas Pemkot Medan
Sosialisasi Perwal No 27/2020 kepada puluhan Kepling se-Kecamatan Medan Sunggal di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jalan Rotan Medan Petisah, Kamis (12/11/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com – Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan Nurli mengatakan, peran aktif Kepala Lingkungan (Kepling) dalam mengedukasi masyarakat perihal protokol kesehatan sangat penting.

Terlebih, mereka adalah garda terdepan yang menyosialisasikan Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 27 Tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Pada Kondisi Pandemi Coronavirus disease 2019 (Covid-19). 

Selain itu, Kepling juga harus memantau kerumunan yang terjadi pada lingkungannya seperti pesta pernikahan dan lain sebagainya.

Nurli mengatakan itu saat memberikan sosialisasi Perwal No 27/2020 kepada puluhan Kepling se-Kecamatan Medan Sunggal, di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Jalan Rotan Medan Petisah, Kamis (12/11/2020). 

Tujuan kegiatan ini guna mendorong para Kepling untuk terus mengingatkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan.

"Kepling selaku orang yang dituakan pada lingkungannya, diharapkan mampu memberikan edukasi kepada warganya untuk mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya seperti keterangan tertulisnya.

Protokol kesehatan tersebut, seperti menjalankan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer. 

“3M ini hal mutlak yang harus kita biasakan pada masa pandemi ini. Karena hingga hari ini kita tidak dapat kepastian kapan pandemi ini berakhir," ungkap Nurli.

Selain memastikan 3M berjalan dengan baik kepada warganya, Kepling juga berfungsi mengamankan wilayahnya dari potensi kerumunan yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Nurli mencontohkan, bila ada warga yang menyelenggarakan pesta pernikahan atau acara yang mengumpulkan warga secara berlebihan. 

Halaman
12
Penulis: Inang Jalaludin Shofihara
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved