Breaking News:

25 Hari Jelang Pilkada di Sumut

Komisioner KPU Provinsi Sumut Ingatkan KPU Toba, Humbahas, dan Samosir untuk Antisipasi Gugatan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara melakukan rapat koordinasi dengan lima kabupaten/ kota di Kantor KPU Kabupaten Toba, Sabtu

Tribun-Medan.com/MAURITS PARDOSI
Komisioner KPU Provsu Benget Silitonga saat disambangi di Kantor KPU Kabupaten Toba pada Sabtu (14/11/2020) 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara melakukan rapat koordinasi dengan lima kabupaten/ kota di Kantor KPU Kabupaten Toba, Sabtu (14/11/2020).

Lima kabupaten/kota itu di antaranya, KPU Toba, Humbahas, dan Samosir.

Anggota Komisioner KPU Provsu Benget Silitonga menyampaikan alasan adanya pembekalan kepada KPU Kabupaten/Kota tersebut berdasar pada kejadian di pilkada sebelumnya.

"Kita sebenarnya memilih kesiapan, antisipasi. Belajar dari pilkada 2015, 2017, 2018, tingkat sengketa di Mahkamah Konstitusi tetap banyak pasca pemilihan," ujar Anggota Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga saat disambangi di Kantor KPU Toba, Sabtu.

Dengan demikian, antisipasi dini dilakukan oleh pihak KPU Provsu terhadap KPU Kabupaten/Kota.

Argumen KPU Kabupaten/Kota bisa saja melemah karena kurangnya persiapan, apalagi pemungutan suara sudah semakin mendekat.

"Oleh karena itu, belajar dari pengalaman itu dibutuhkan kesiapan KPU. Karena seringkali ketika bersengketa itu, karena banyak tugas yang dilakukan menjelang hari pemungutan suara, kesiapan pemungutan suara akhirnya dokumen-dokumen kesiapan, administrasi seringkali terbengkalai, tersusun dengan baik. Ketika bersengketa, itu sangat dibutuhkan bukti apa yang dilakukan, akhirnya kita menjadi lemah, kurang kuat dalam argumentasi," sambungnya.

Mengingat gugatan di Mahkamah Konstitusi dalam pilkada sebelumnya, maka KPU Provsu langsung mewadahi KPU Kabupaten/Kota sejak dini.

"Di Pilkada 2020 ini kita berupaya hal itu tidak terjadi, agar lebih baik, lebih bagus persiapannya. Makanya kita lakukan rakor ini," sambungnya.

Hal-hal yang bakal dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota adalah pengumpulan data maupun administrasi terkait kegiatan yang telah berjalan selama ini menjelang Pilkada.

Halaman
12
Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved