Breaking News:

Mengenal Sosok Vivi Ferdiah Ningsih, Mahasiswi Unimed yang Terpilih Jadi Duta GenRe 2020

Vivi Ferdiah Ningsih atau akrab dipanggil Vivi terpilih sebagai Duta GenRe 2020 pada pemilihan yang digelar Oktober 2020 lalu.

HO / TRIBUN MEDAN
Vivi Ferdiah Ningsih 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Vivi Ferdiah Ningsih atau akrab dipanggil Vivi terpilih sebagai Duta GenRe 2020 pada pemilihan yang digelar Oktober 2020 lalu.

Program GenRe adalah program dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk remaja agar remaja di Indonesia termasuk Sumatera Utara memiliki hidup yang berkualitas dengan perencanaan yang baik. 

GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pra Nikah dan NAPZA guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa. 

"Duta GenRe yang terpilih akan bergabung di Forum GenRe Sumatera Utara. Program yang dijalankan seputar sosialisasi. Tapi karena saya terpilih sebagai juara 1, saat ini tengah persiapan untuk mengikuti ajang nasional," kata Vivi, Sabtu (14/11/2020). 

Sebelum mendaftar Duta GenRe, ia dan peserta lainnya diminta untuk membuat program. Program yang ditawarkan akan direalisasikan saat terpilih menjadi Duta GenRe.

"Jadi setelah dipilih, kami menjalankan program yang sudah kami tawarkan sebelumnya. Untuk nasional ini saya membawa dua program yaitu Genrangers Collaboration dan Tak Terbatas," katanya. 

Genrangers Collaboration adalah program yang dibuat dimana ia akan mengajak komunitas lain untuk berkolaborasi dengan GenRe untuk menyebarkan virus-virus GenRe supaya lebih cepat ditangkap oleh banyak kalangan. 

"Tiga isu (Pernikahan Dini, Seks Pra Nikah dan NAPZA )yang kita kembangkan sangat penting apalagi sebentar lagi kita akan menerima bonus demografi. Kalau misalnya kita sebagai generasi muda enggak menyiapkan diri dari sekarang, nantinya malah jadi bencana demografi bukan bonus demografi. Kehadiran GenRe untuk membantu mempersiapkan itu semua sehingga nantinya terwujud Generasi Emas Indonesia 2045," katanya.

Sedangkan Tak Terbatas merupakan program yang dihadirkan Vivi untuk memberikan pemahaman kepada difabel seluruh usia bahwa kreativitas itu tanpa batas. 

"Disable is able. Melalui Tak Terbatas, kita berbagi motivasi bahwa kita semua sama, punya hak yang sama. Jadi disabilitas itu sebenarnya bukan sebuah halangan untuk kita bisa berkreativitas," katanya.

Halaman
1234
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved