Breaking News:

Penanganan Covid

Kepala BPBD Toba Yakin Gerakan 3M Ampuh Antisipasi Penyebaran Covid-19

Gerakan 3M: Mencuci tangan, Memakai masker, dan Menjaga jarak masih sebuah terobosan jitu guna menanggulangi penyebaran Covid-19.

Tribun-Medan.com/Maurits Pardosi
Kepala BPBD sekaligus Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Toba, dr Pontas Batubara, mengingatkan gerakan 3M sebagai antisipasi penyebaran Covid-19, Senin (16/11/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dr Pontas Batubara menyampaikan bahwa penyadaran masyarakat perihal gerakan 3M: Mencuci tangan, Memakai masker, dan Menjaga jarak masih sebuah terobosan jitu guna menanggulangi penyebaran Covid-19.

Pontas yang juga Sekretaris Satgas Covid-19 menuturkan bahwa sejumlah kegiatan sosialisasi penanggulangan Covid-19, termasuk sambangi pasar dan spot-spot keramaian guna mengedukasi masyarakat menggunakan masker.

Imbauan terhadap masyarakat agar tetap menggunakan masker saat bepergian ke luar rumah.

"Bila keluar rumah harus menggunakan masker. Sesuai dengan anjuran Presiden, kita harus menggunakan masker, itu harga mati. Kita harus hormati itu," ujar dr Pontas Batubara, Kepala BPBD dan sekaligus Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Toba saat disambangi tribunmedan.id di Kantor BPBD Kabupaten Toba pada Senin (16/11/2020).

Tujuan edukasi penggunaan masker bagi masyarakat agar masayarakat yang tengah berkomunikasi terhindar dari penyebaran Covid-19.

"Sehingga dengan menggunakan masker, kita melindungi orang lain dan melindungi diri kita," sambungnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa penyebaran Covid-19 berlangsung melalui droplet, percikan air liur.

"Penularan Covid-19 itu adalah melalui droplet atau ludah kita atau air liur kita yang keluar dari mulut kita yang membawa virus yang akan membuat orang lain menderita Covid-19 dari kita," ungkapnya.

Dengan tegas, ia menyampaikan bahwa edukasi dan penindakan pelanggaran prokes bagi masyarakat masih efektif untuk menghindari penyebaran Covid-19 di Kabupaten Toba.

"Masih efektif, dan hingga saat ini kita masih tetap menunggu adanya vaksin guna menangatasi virus ini," pungkasnya.

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona.

Mari cegah dan perangi persebaran Covid-19. Tribun Medan mengajak seluruh Tribuners untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.

Ingat Pesan Ibu: Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga jarak

(cr3/tribun-medan.com)

Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved