Breaking News:

22 Hari Jelang Pilkada di Sumut

Bawaslu Samosir Terima 7 Laporan Pelanggaran Pilkada

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Samosir sudah semakin dekat. Sejauh ini, Bawaslu Samosir sudah menerima tujuh laporan pelanggaran kampanye.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Juang Naibaho
TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Ketua Bawaslu Samosir, Anggiat Sinaga 

TRIBUN-MEDAN.com, SAMOSIR - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Samosir sudah semakin dekat. Sejauh ini, Bawaslu Samosir sudah menerima tujuh laporan pelanggaran kampanye.

Ketua Bawaslu Samosir Anggiat Sinaga memastikan setiap tahapan Pilkada yang sudah, sedang dan akan berjalan tetap diawasi.

"Kita tetap lakukan pengawasan sesuai dengan tahapan Pilkada, mulai pendataan daftar pemilih, pencalonan, kampanye, dan juga seluruh tahapan-tahapan yang dilaksanakan," ungkap Anggiat Sinaga saat dikonfirmasi pada Selasa (17/11/2020).

Ia menuturkan bahwa hingga hari ini Bawaslu Samosir masih mampu mengatasi laporan dan temuan pelanggaran Pilkada Samosir.

"Masih tetap berjalan sesuai dengan koridor dan peraturan yang berlaku. Kesiapan-kesiapan untuk mengawasi Pilkada juga sudah kita bentuk semua, SDM-nya juga sudah. Sampai hari ini, tidak ada kendala yang sangat urgent, masih bisa diatasi dan diselesaikan," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa ada sejumlah laporan pelanggaran Pilkada yang mereka hadapi dalam perjalanan kampanye hingga saat ini.

"Kalau pelanggaran-pelanggaran dalam proses jelang pilkada ini, ada beberapa juga yang kita terima dan kita sudah tangani. Tapi ada beberapa yang tidak memenuhi beberapa unsur. Semuanya laporan dan temuan itu sudah kita tangani dan selesaikan," urainya.

Ia mengimbau agar penyelenggara negara bersifat netral dalam masa-masa pilkada ini atau tidak memihak kepada salah satu pasangan calon apalagi melakukan kampanye.

"Kalau imbauan kita kepada seluruh penyelenggara negara, ASN, TNI, Polri, penyelenggara pemilu juga harus netral memang sebab itu amanat Undang-undang. Semua penyelenggaraan negara harus netral kepada semua pasangan calon," sambungnya.

Sejauh ini, ada tujuh laporan dari masyarakat yang langsung ditangani Bawaslu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved