Breaking News:

Disdukcapil Samosir Jemput Bola ke Desa-desa dan Sekolah Untuk Pengurusan KTP

Pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Samosir dengan metode jemput bola

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Juang Naibaho
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO
Ilustrasi e-KTP. 

TRIBUN-MEDAN.com, SAMOSIR - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Samosir menerapkan metode jemput bola untuk pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Petugas Disdukcapil menyambangi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Samosir, secara khusus kepada para pelajar yang telah berusia 17 tahun.

Kepengurusan KTP ke sekolah-sekolah tersebut telah dimulai pada bulan Januari hingga Februari 2020.

"Pengurusan KTP, pertama misalnya kita pergi ke SMA dan SMK yang usianya 17 tahun. Biasanya, turunlah kita ke sekolah-sekolah, itu pada bulan Januari dan Februari untuk merekam mereka yang umurnya cukup," ungkap Laurensius Sinaga selaku Sekretaris Dinas Dukcapil saat dikonfirmasi pada Selasa (17/11/2020).

Selain sambangi sekolah-sekolah, pengurusan KTP biasanya karena surat-surat kependudukan hilang sehingga dibutuhkan surat yang baru.

Pihak Disdukcapil Kabupaten Samosir juga melakukan kunjungan ke desa-desa agar kepengurusan KTP dan surat-surat kependudukan lainnya berjalan dengan baik.

"Baru, yang kedua karena suratnya yang hilang dan itupun harus ada surat hilang dari Polri atau kepolisian. Kalau rusak, kita cetak yang baru, tapi yang rusak itu harus kita cari. Tetapi ada juga pelayanan kita ke desa-desa," sambungnya.

Ia juga menambahkan para pegawai yang ada di Disdukcapil siap turun manakala ada masyarakat yang kehilangan surat-surat kependudukan.

"Kita dari sini, dari kantor kita tugaskan lah sesuai dengan apanya, ada yang hilang KTP, ada yang hilang akte lahir, ada akte kematian, turunlah kan," lanjutnya.

Untuk mempermudah pengumpulan masyarakat yang akan mengurus surat-surat kependudukan, ia menyampaikan bahwa pihaknya telah terlebih dahulu berkoordinasi dengan Kepala Desa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved