Breaking News:

Gunakan Aplikasi Siraline, UINSU Terapkan Absensi Elektronik dan Dilengkapi Sistem GPS

Aplikasi Siraline ini resmi digunakan pada bulan November ini bagi pegawai WFH untuk melakukan absensi.

TRIBUN MEDAN/HO
KAMPUS Universitas Islam Negeri Sumatra Utara (UINSU). 

Tribun-medan.com, Medan - Semasa pandemi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) menerapkan sistem shift kepada pegawai yaitu Work from Office (WFO) dan Work from Home (WFH) secara bergantian.

Namun, kali ini ada yang berbeda untuk sistem absensi bagi para pegawai UINSU yang kini telah menerapkan absensi elektronik berbasis aplikasi yaitu Siraline. 

Kahumas UINSU, Yunni Salma mengungkapkan, aplikasi Siraline ini resmi digunakan pada bulan November ini bagi pegawai WFH untuk melakukan absensi.

"Selama ini kita hadir di kantor dengan face print, maka kita yang tidak sedang menjalankan shift kerja, dia cukup melakukan absensi secara elektronik dari pukul 7.30 sampa jam 4 sore. Walau kita lakukan WFH, kita harus laporkan kehadiran bekerja dari rumah," ungkap Yuni kepada Tribun-Medan.com, Kamis (19/11/2020).

Dalam menjalankan absensi lewat Siraline, Yunni menuturkan bahwa pegawai diberi toleransi untuk melakukan absen manual dibuktikan dengan penguatan dari atasan.

Baca juga: Syahrin Harahap Tampil Perdana Sebagai Rektor Terpilih, Pimpin Dies Natalis dan Wisuda UINSU

"Untuk mengantisipasi itu kita juga terapkan absen manual manakala pegawai lupa untuk mengabsen secara elektronik, tetapi tetap diketahui atas langsung. Toleransi ini diberikan karena dia tidak meninggalkan rumah untuk bertugas," ujarnya.

Pegawai UINSU dapat melakukan absensi melalui siraline.uinsu.ac.id.

Yunni  mengatakan bahwa absen berbasis aplikasi ini sudah dilengkapi dengan GPS, sehingga pihak pengawas dapat mengetahui lokasi terkini pegawai.

"Kita tinggal akses dari rumah di jam yang telah disetujui oleh kampus. Dia akan ketahuan posisi pegawai karena kita menghidupkan GPS. Nah akan tahu apakah kita lagi di posisi rumah atau memang kita di luar kota. Kecuali kita memang datang ke kantor karena itukan sudah pasti lokasinya," ucap Yunni.

Pada tampilan aplikasi Siraline, pegawai diminta untuk memasukkan NIB/NIP dan password.

Bagi pegawai yang mengalami gangguan, dapat menghubungi Pustipada UINSU di nomor 0823-6472-6688.(cr13/tribun-medan.com)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved