Breaking News:

Ngopi Sore Tribun Medan

Andalkan Jurusan Pariwisata dan Konstruksi, BBPLK Medan Cetak Pekerja Terampil Lewat Vokasi

BBPLK memiliki dua jurusan unggulan, diantaranya Pariwisata dan Konstruksi dengan fasilitas yang mumpuni.

Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN MEDAN/KARTIKA
KEPALA BBPLK Medan, Muhammad Ali dipandu Pemred Tribun Medan Syarief Dayan saat mengisi podcast Ngopi Sore di BBPLK Medan, Selasa (17/11/2020). 

Tribun-Medan.com, Medan - Tenaga kerja terampil selalu dibutuhkan dalam industri kerja. Untuk memenuhi kebutuhan pasar, Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan melatih peserta dengan beragam ketrampilan.

Kepala BBPLK Medan, Muhammad Ali mengungkapkan, BBPLK memiliki dua jurusan unggulan, diantaranya Pariwisata dan Konstruksi dengan fasilitas yang mumpuni.

Untuk jurusan Pariwisata, peserta di BBPLK akan dilatih dengan fasilitas yang sama dengan fasilitas yang ada di dunia kerja.

"Ketika kita bicara pariwisata maka tidak terlepas dunia perhotelan. Disini BBPLK ini semua pelatihan terkait pengisian jabatan di perhotelan ada. Misalnya ada front office, kita ada pelatihan untuk menciptakan tenaga resepsionis andal. Peralatan kita standar bintang lima," ungkap Ali saat mengisi podcast Ngopi Sore yang dipandu Pemred Tribun Medan, Syarief Dayan, Selasa (17/11/2020).

Tidak hanya pariwisata, BBPLK Medan juga turut melatih para peserta jurusan Konstruksi dengan keahlian mendesain rancangan bangunan dengan konsep modern. Dalam hal ini, BBPLK bahkan sudah menggunakan konsep rancangan desain melalui animasi.

Baca juga: Paparan Market Outlook 2021, Pemulihan Ekonomi Makin Cepat Jika Vaksin Sudah Ada

"Kita di sini menyelenggarakan pelatihan mulai dari gambar menggambar. Tidak cukup 2 dimensi dan bahkan sudah animasi, kebutuhan pasar juga besar. Kita ada pelatihan untuk mereka yang punya talenta bagimana memanfaatkan kayu dan besi. Semua pelatihannya ada tempat kita," ujarnya.

Tiap tahunnya, BBPLK mencetak satu juta peserta keluaran perguruan tinggi, 1,3 juta lulusan SMK dan SMA, dan 1,6 juta lulusan dari pelatihan dari berbagai lembaga.

Berdasarkan informasi dari Ali, mayoritas BBPLK Medan sendiri merupakan peserta lulusan SMK hingga perguruan tinggi.

Untuk memenuhi kompetensi keahlian peserta, Kemnaker melalui BBPLK juga turut mengusung program yaitu Triple Skilling. 

Adapun tiga poin dalam triple Skilling, diantaranya skilling, upskilling, dan reskilling. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved