Breaking News:

Pembangunan GOR Pematangsiantar Terkendala Dokumen Analisis Dampak Lalu Lintas

Diperkirakan tahun ini berkas Andalalin rampung sehingga investor dapat memulai pembangunan.

TRIBUN MEDAN/ALIJA
GOR Pematangsiantar, satu aset tertua milik Pemko Pematangsiantar tampak tak terawat. 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Gedung Olahraga (GOR) Pematangsiantar saat ini masih seperti bangunan tak bertuan.

Kesan sebagai pusat aktivitas olahraga dan pemuda sudah lama tak terlihat dari gedung yang berlokasi di jalan inti Kota Pematangsiantar, yakni Jalan Merdeka, Kelurahan Pardomuan, Kecamatan Siantar Barat.

Amatan Tribun-Medan.com, Senin (23/11/2020), di tengah kekosongan aktivitas, justru banyak pemuda tak berkepentingan hilir mudik di GOR terbesar di Kota Pematangsiantar itu.

Pemko Pematangsiantar sendiri sebenarnya telah bekerjasama dengan pihak swasta untuk memanfaatkan Barang Milik Daerah (BMD) dengan Pola Bangun Guna Serah (BGS) di Lahan GOR milik pemerintah kota ini. 

Tetapi hingga penghujung 2020 masih tak terlihat tanda-tanda pembangunan GOR Pematangsiantar, yang digadang-gadang menjadi pusat olahraga dan perbelanjaan modern. 

Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pematangsiantar melalui Kabid Pengelolaan dan Kekayaan Daerah pada Pematangsiantar, Alwi Andrian Lumban Gaol menyampaikan ada beberapa izin yang masih terkendala.

Baca juga: Tolak GOR Siantar jadi Mal, Demonstran Saling Dorong dengan Satpol PP, TONTON VIDEONYA. .

"Kita selaku mitranya pihak ketiga wajib memfasilitasi, artinya meng-ayo-ayokan. Ayolah Dinas Perizinan Terpadu, apa yang kurang. Tapi tinggal Andalalin aja yang kurang. Tinggal tahap finalisasi aja," ujar Alwi dari ruang kerjanya, Senin (23/11/2020).

Alwi menuturkan draft Andalalin, yaitu Analisis Dampak Lalu Lintas telah dirapatkan. Diperkirakan tahun ini berkas Andalalin rampung sehingga investor dapat memulai pembangunan.

"Pengelolaan belum kepada pihak ketiga (investor). Bila Izin Mendirikan Bangunan (IMB) keluar, baru investor yang akan kelola.Target pengerjaan dimulai dari IMB. Kalau IMB sudah terbit, baru dikerjakan," ujar Alwi seraya menambahkan, untuk memeroleh IMB, dibutuhkan dokumen Andalalin yang saat ini tengah dirampungkan.

Sesuai rencana, PT Suriatama Mahkota Kencana dengan Mitra Kerja Sama Operasi (KSO) yakni PT Prima Abadi Jaya Medan sebagai mitra Pemko Pematangsiantar yang akan membangun dan mengelola GOR Pematangsiantar akan berinvestasi sebesar Rp 234, 8 miliar lebih.

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved