Breaking News:

15 Hari Jelang Pilkada di Sumut

KPU Asahan Kebut Lipat Surat Suara, 525.202 Lembar Ditargetkan Rampung 4 Hari

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Asahan menargetkan pelipatan surat suara untuk Pilkada Asahan tahun 2020, rampung dalam waktu empat hari.

TRIBUN MEDAN/ALIF ALQADRI HARAHAP
Sejumlah orang sedang melakukan pelipatan surat suara Pilkada Asahan 2020. 

TRIBUN-MEDAN.com, KISARAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Asahan menargetkan pelipatan surat suara untuk Pilkada Asahan tahun 2020, rampung dalam waktu empat hari.

Ketua KPU Asahan Hidayat mengatakan, ada 525.202 surat suara dan 2.000 surat suara pemungutan suara ulang yang akan dilipat.

Pelipatan surat suara ini dikerjakan dengan bantuan warga sekitar.

"Ada 40 orang warga yang membantu KPU untuk melipat surat suara, yang dibagi menjadi delapan kelompok, sehingga mematuhi protokol kesehatan," kata Hidayat.

Dalam pelipatan ini, belum ditemukan adanya surat suara yang rusak. Namun akan tetap diperiksa lebih teliti oleh tim KPU.

"Tunggu diakhir nanti baru kita tahu ada ayang rusak atau tidak," katanya.

Pelipatan surat suara, sambung dia, disaksikan langsung oleh pihak kepolisian dan Bawaslu Kabupaten Asahan. Sehingga transparansi di pemilihan umum Asahan tetap terjaga.

Sementara itu, terlihat di gudang penyimpanan logistik KPUD Asahan beberapa kelompok melipat surat suara, kegiatan itu hampir didominasi oleh kaum ibu yang hampir 70 persen.

Evi ibu rumah tangga mengaku mengikuti pelipatan suara itu untuk menambah penghasilannya untuk kehidupan sehari-hari.

"Setau saya ini diupah, tapi gatau berapa gajinya," katanya.

Meskipun tak mengetahui upah, ia terlihat tetap semangat melipat surat suara itu, dan sudah hampir 2000 surat suara yang dilipatnya.

(cr2/TRIBUN-MEDAN.com)

Penulis: Alif Al Qadri Harahap
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved